Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, PIP Semarang Selenggarakan Pengabdian Masyarakat di Pekalongan

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) kembali melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Pekalongan, PIP Semarang selenggarakan pengabdian masyarakat pada Rabu (8/5) di Gedung Technopark Pekalongan. Pengabdian masyarakat kali ini diisi dengan sosialisasi yang dilakukan oleh Dosen PIP Semarang berkolaborasi dengan Dosen Politeknik Negeri Nunukan dengan mengusung tema “Sosialisasi Penerapan Rantai Dingin Dalam Manajemen Hasil Tangkap, Efisiensi Operasional Kapal Penangkap Ikan dan Navigasi Keselamatan Maritim”. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari masyarakat nelayan, pemilik kapal, dan pengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pekalongan.

Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.M.Tr., M.Mar., menyampaikan sambutan serta membuka kegiatan pengabdian masyarakat ini secara langsung. Dalam sambutannya, Capt. Sukirno menegaskan komitmen PIP Semarang untuk terus memberikan dampak baik bagi masyarakat. “PIP Semarang hadir ditengah Masyarakat untuk membawa dampak yang tentunya kami harapkan dapat membantu dan membangun masyarakat, salah satunya melalui pengabdian masyarakat yang saat ini terselenggara,” ucap Capt. Sukirno. Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Pekalongan, Sri Winduningsih, S.IP., menyambut baik inisiatif PIP Semarang dalam membantu dan mengedukasi para nelayan di Pekalongan melalui kegiatan sosialisasi ini. “Terima kasih dan kami menyambut baik PIP Semarang yang telah memilih dan akan melakukan sosialisasi dalam rangka pengabdian masyarakat kepada para nelayan di Pekalongan,” pungkas Sri. Di akhir sambutannya, Capt. Sukirno secara simbolis menyerahkan rompi pelampung kepada nelayan yang hadir sebagai peserta sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan paparan materi dari dosen Politeknik Negeri Nunukan, Abdul Rohman Nasrudin, S.Tr.Pi., M.Pi., dengan materi Penerapan Rantai Dingin dalam Manajemen Hasil Tangkap. dilanjutkan oleh dosen PIP Semarang, Fuad Ardani Rahman, S.Si.T., M.Pi., dengan materi sosialisasi Efisiensi Operasional Kapal Penangkap Ikan, dan diakhiri pemapar ketiga Prapti Utami,S.ST., M.Si., dengan materi Navigasi Keselamatan Maritim. Turut hadir di dalam kegiatan Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Nusantara, Kartono, A.Pi, M.P., Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Technopark Perikanan, Zuita Dwi Armayanti, ST. Rangkaian acara sosialisasi ditutup oleh Kepala PPPM, Dr. Darul Prayogo, M.Pd., diikuti penyerahan rompi pelampung kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan.