Lembaga Sertifikasi Profesi

UJI KOMPETENSI 20-25 MEI 2019

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 PIP Semarang melaksanakan uji kompetensi skema Freigth Forwarding dan Ahli Ekpor Impor pada tanggal 20 s.d 25 Mei 2019. Uji kompetensi skema tersebut terdiri dari beberapa jenis ujian yaitu uji observasi, uji tertulis dan uji prkatek. Ujian tersebut diikuti oleh Taruna/ Taruni PIP Semarang Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan Semester VIII sejumlah 49 orang. Peserta diuji oleh 8 asesor yang telah teregistrasi di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang terdiri dari 5 orang dosen PIP Semarang, 2 orang dari Asosiasi Logistik d`an Forwarder Indonesia (ALFI), dan 1 orang dari PT. Jakarta International Container Terminal (JICT). Seluruh peserta ujian dinyatakan kompeten dan dapat mengambil sertfikat di LSP P1 PIP Semarang.

RCC

LSP P1 PIP Semarang melaksanakan Recognition Current Competency (RCC) atau sertifikasi ulang pada tanggal 15 s.d. 17 Juli 2019 di Hotel Aston Inn Semarang. Kegiatan RCC bertujuan untuk memperpanjang masa berlaku sertifikat para asesor yang akan habis. Dihadiri Master Asesor dari BNSP, 9 asesor LSP P1 PIP Semarang diberikan refreshment mengenai tupoksi seorang asesor.  Seluruh peserta RCC dinyatakan kompeten dan berhak mendapatkan perpanjangan masa berlaku sertifikat sebagai asesor kompetensi.

ASESOR KOMPETENSI

Untuk menambah jumlah asesor, LSP P1 PIP Semarang melaksanakan diklat asesor kompetensi pada tanggal 15 s.d. 20 Juli 2019 di Hotel Aston Inn Semarang. Diklat tersebut diikuti oleh 20 peserta dengan background pendidikan sesuai dengan skema yang dimiliki oleh LSP P1 PIP Semarang. Kegiatan ini dihadiri 4 master asesor dari BNSP yang berperan sebagai narasumber dan penguji calon asesor kompetensi. Seluruh peserta dinyatakan kompeten dan berhak mendapatkan sertfikat sebagai asesor kompetensi.

WORKSHOP LISENSI ULANG

Lisensi LSP P1 PIP Semarang akan habis masa berlakunya pada tanggal 27 Maret 2020. Untuk itu LSP P1 PIP Semarang melaksanakan Workshop Penyiapan Dokumen Pengajuan Lisensi Ulang pada tanggal 20 s.d. 23 Agustus 2019 di Grand Candi Hotel Semarang. Peserta dalam workshop tersebut yaitu seluruh tim LSP yang terdiri dari asesor dan staff LSP dengan dipandu Narasumber yang telah berpengalaman dalam menghadapi lisensi ulang. Dengan adanya kegiatan ini LSP P1 PIP Semarang siap mengajukan dokumen lisensi ulang dan siap menghadapi visitasi dari BNSP.

SOSIALISASI UJI KOMPETENSI

Dalam rangka persiapan uji kompetensi skema ahli konsolidasi, sebanyak 82 Taruna/i semester VII program studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (TALK) mengikuti sosialisasi dari Bapak Andi Prasetyawan selaku Kabid Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 PIP Semarang. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 September 2019 dengan tujuan membuka pengetahun Taruna/i mengenai sertifikasi profesi serta skema-skema yang dimiliki oleh LSP P1 PIP Semarang.

Bapak Andi Prasetiawan menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi kerja merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu, lulusan Taruna/i program studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (TALK) dibekali sertifikasi kompetensi supaya lebih dilirik di dunia industry. Selain itu disampaikan pula mengenai prosedur pelaksanaan uji kompetensi sebagai gambaran bagi Taruna/i yang akan melaksanakan ujian. Taruna/i yang mengikuti sosialisasi dengan antusias menyimak penjalasan dari Bapak Andi Prasetyawan serta mengajukan beberapa pertanyaan untuk memperjelas pengetahuan Taruna/i tentang uji kompetensi.

SHARING KNOWLEDGE

Pada tanggal 16 September 2019, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 PIP Semarang memfasilitasi Taruna/i PIP Semarang untuk melaksanakan kegiatan sharing knowledge mengenai konsolidasi. Kegiatan tersebut  merupakan bentuk persiapan para Taruna/i  untuk mengikuti uji kompetensi Ahli Konsolidasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 26 September 2019. Kegiatan yang dilaksnakan di GSG lantai 4 ini dibimbing oleh Ibu Nur Rohmah S.E., M.M. selaku ketua LSP, Bapak Andi Prasetyawan, S.ST., M.M selaku Kabid Sertifikasi LSP serta 82 Taruna/i semester VII Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan yang merupakan calon peserta uji kompetensi.

Taruna Akbar Bima Pasific, Diyah Asih Karlinawati, Raditya Wisnu P., dan Maria Imakulata yang pernah melaksanakan Praktek darat (Prada) di perusahaan yang menangani konsolidasi membagikan cerita mengenai kegiatan mereka selama Prada. Dari pengalaman Taruna/i tersebut, diharapkakan Taruna/i yang lain mendapatkan gambaran bagaimana kegiatan, tugas, tanggung jawab, dan prosedur-prosedur yang berkaitan dengan konsolidasi sehingga dapat menghadapi uji kompetensi dengan lancar.

Uji Kompetensi Ahli Konsolidasi Sebanyak 82 Taruna/i semester VII Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (TALK) melaksanakan uji kompetensi skema Ahli Konsolidasi di LSP P1 PIP Semarang. Uji kompetensi dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 26 September di TUK PIP Semarang. Peserta diuji oleh 5 Asesor LSP yang telah teregistrasi di Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP). Dalam uji kompetensi ini menggunakan perangkat asesmen berupa obeservasi demonstrasi, pertanyaan lisan dan pertanyaan tulis. Berita acara yang dibuat oleh para asesor setalah seluruh kegiatan uji kompetensi dilaksanakan menunjukkan bahwa seluruh peserta uji komopetensi dinyatan kompeten dan direkomendasikan untuk memperoleh sertifikat Ahli Konsolidasi.