Meningkatkan Kapasitas Dosen PIP Semarang Melalui Pengarahan

Sebagai upaya dalam mewujudkan kondisi kegiatan pendidikan di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjadi lebih baik, dan arahan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), terkait dukungan menciptakan lingkungan kampus yang aman, nyaman, dan kondusif untuk belajar, maka dilaksanakan pengarahan untuk seluruh dosen PIP Semarang yang digelar pada Senin (6/5), bertempat di Ruang Sidang Besar (RSB) Gedung Utama PIP Semarang.

Direktur PIP Semarang Capt. Sukirno, M.MTr., M.Mar., memberikan pengarahan kepada para dosen yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen PIP Semarang saat menjalankan tugasnya dalam membimbing dan mendidik taruna-taruni. Sukirno menyampaikan pentingnya peran dosen PIP dalam mencetak taruna-taruni yang tidak hanya cerdas dalam bidang akademis, namun juga cakap dalam mengelola emosi, kecewa, dan sopan santun, serta berempati. “Dosen tidak hanya punya peran penting dalam mentransfer ilmu pengetahuan, namun juga harus punya jiwa pembina yang peduli terhadap anak didiknya.  Seluruh dosen harus punya rasa peduli pada setiap kegiatan yang menimbulkan potensi untuk melakukan kekerasan antar taruna, hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kepedulain kepada taruna dan turut bertanggungjawab dalam menciptakan pencegahannya,” ucap Sukirno.

Lebih lanjut, Sukirno mengingatkan kejadian yang baru saja dialami oleh salah satu taruna sekolah tinggi di bawah BPSDMP, diharapkan dapat memberi pembelajaran positif bagi para dosen dan seluruh sivitas akademika untuk melakukan pengawasan lebih ketat lagi terhadap aktivitas para taruna, tidak hanya yang ada di dalam kampus, namun juga yang berada di luar kampus.