Melalui Sipencatar Jalur Mandiri, PIP Semarang Seleksi Calon Pelaut Handal

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang buka peluang bagi lulusan SMA maupun SMK/MA untuk calon taruna yang nantinya akan menjadi pelaut handal melalui Seleksi Penerimaan Taruna (Sipencatar) Diploma IV Non Pola Pembibitan (Polbit) atau Jalur Mandiri 2024, serta Diklat Pelaut Tingakt III (DP-III) (Crash Program)-Non Diploma. Kegiatan seleksi dilaksanakan secara bertahap dimulai 25 April sampai dengan 3 Mei 2024 di lingkungan kampus PIP Semarang yang diikuti 779 peserta calon taruna.

Pada Sipencatar Jalur Non Polbit atau Jalur Mandiri 2024, PIP Semarang membuka tiga program studi. Yaitu Diploma IV Nautika, Diploma IV Teknika, dan Diploma IV Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK). Sedangkan untuk DP-III membuka dua program studi, yaitu Diklat Pelaut Tk. III (Crash Program) Nautika dan Diklat Pelaut Tk. III (Crash Program) Teknika.

Direktur PIP Semarang Capt. Sukirno, M.MTr., M.Mar., membuka secara resmi kegiatan seleksi Sipencatar Jalur Mandiri 2024 di Menza (ruang makan taruna) di dampingi Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.Mar. dan Pembantu Direktur III, Capt. Anugerah Nur Prasetyo, M.Si. Direktur memberikan motivasi bagi seluruh peserta dan berpesan agar menyiapkan diri sebaik mungkin supaya dapat melalui seluruh tahapan tes yang dilaksanakan. “Selamat bagi kalian yang telah lolos adminstrasi untuk mengikuti seleksi tahun ini, pergunakan kesempatan sebaik mungkin untuk dapat bergabung dengan PIP Semarang,” pungkas Sukirno. Turut hadir dalam pengarahan tersebut dr. Rosvy Walida selaku koordinator tes kesehatan, Dr. Capt. Samsul Huda, M.M., M,Mar. selaku koordinator tes samapta, dan Anicitus Agung Nugroho, S.Si.T.,M.Si. selaku koordinator tes wawancara.

Seleksi diawali dengan tes wawancara dan tes kesehatan yang terbagi menjadi dua hari, pada 25 dan 26 April. Tes wawancara dilaksanakan di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi, sedangkan tes kesehatan dilaksanakan di Klinik Utama PIP Semarang oleh petugas kesehatan. Adapun tes kesehatan yang dilaksanakan oleh peserta antara lain, pengambilan sample darah, pemeriksaan mata dan mulut, pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan audiometri, pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), pemeriksaan rontgen, pengambilan sample urine, dan pemeriksaan fisik

Tahap berikutnya peserta melaksanakan tes Samapta pada 29 April di lapangan sepak bola PIP Semarang. Dalam seleksi samapta, para peserta menjalani beberapa tes, antara lain lari 12 menit, push up, sit up, dan shuttle run, yang sebelumnya dilaksanakan pemeriksaan tensi darah oleh tim kesehatan untuk memastikan seluruh peserta siap melaksanakan rangkaian tes dengan kondisi yang fit. Pada 30 April, peserta melaksanakan Psikotes di Auditorium GSG. Sebagai penutup rangkaian tes seleksi sipencatar adalah Tes Potensi Akademik (TPA) yang dilaksanakan pada 2 dan 3 Mei di Gedung Meti.

Direktur PIP Semarang memantau secara langsung jalannya kegiatan sipencatar yang didampingi oleh masing-masing Koordinator tahapan seleksi. Secara keseluruhan tes seleksi penerimaan calon taruna berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Hal tersebut berkat keseriusan seluruh panitia yang menjalankan tugasnya agar tercipta kejujuran, transparan, akuntabel, tanggung jawab, teliti, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.