PT PIS Rekrut Cadet Bagi Taruna PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali selenggarakan kegiatan Kuliah Umum dan Rekrutmen Cadet bagi taruna yang akan melaksanakan Praktik Laut (Prala) dan Praktik Darat (Prada). Kegiatan ini salah satu bentuk perhatian kampus bagi para taruna untuk mempermudah mencarikan tempat dimana nantinya taruna taruni akan melaksanakan prala dan prada. Kali ini yang hadir adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, yaitu PT Pertamina International Shipping (PIS). Kegiatan diikuti oleh taruna taruni program studi Nautika, Teknika, dan Tata Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) semester IV Angkatan 59, yang bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) dan Ruang Kelas di lantai 4 Balai Mas Pardi pada Kamis–Jumat (2–3 Mei 2024).

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Capt. Sukirno, M.M.Tr., M.Mar. membuka secara resmi kegiatan Kuliah Umum, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan PT PIS yang berkenan kembali ke PIP Semarang dengan dua tujuan, yaitu berbagi ilmu dan wawasan, serta melakukan rekrutmen cadet bagi taruna PIP Semarang. “Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, untuk mendapatkan tempat praktik yang diharapkan banyak taruna.” Pungkas Sukirno.

Bertindak sebagai narasumber Dwi Wahju Prasetyo sebagai Manager Fleet Product I, materi yang disampaikan antara lain memperkenalkan struktur organisasi dari Pertamina Group dan PIS, struktur organisasi, Visi dan Misi, Sejarah, Pemilik Armada, Penanganan ABK Kapal oleh agensi, Area Operasional dan Distribusi PIS, Persyaratan Rekrutmen, Proses Seleksi, serta Keuntungan jika diterima menjadi Cadet di PT PIS. Diharapkan dengan kuliah umum ini para calon cadet tahu apa dan bagaimana PT Pertamina, baik mengenai perusahaan maupun kapalnya. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Setelah Kuliah Umum, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan seleksi rekrutmen cadet tes tertulis, dan pada hari ke dua dilaksanakan tes interview. Dari hasil tes yang dilaksanakan terdapat 36 taruna taruni yang dinyatakan lulus, dengan rincian 18 taruna prodi Nautika, 7 taruna prodi Teknika, dan 11 taruna prodi TALK. Adapaun tim PT PIS yang melaksanakan seleksi yaitu Dwi Harnanto sebagai Marine Superintendent, I Made Wahyu Digama sebagai Marine Superintendent, Mujiarno sebagai Technical Superintendent, Jamal Asri Sunandi sebagai Technical Superintendent, Nisrina Byan sebagai Jr. Officer Crew Tanker, dan Gilang Bayu sebagai Jr. Officer Crew Marine.