Pramuka PIP Semarang Selenggarakan MPSC 2024

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Pramukanya, Gugus Depan (Gudep) 11.141-11.142 selenggarakan Latihan Gabungan SMA, SMK/MA bertajuk Mas Pardi Scout Camp (MPSC) 2024 dengan tema Habis Gelap Terbitlah Terang “Memberikan Pengalaman Berkemah Dengan Nuansa Bahari Bagi Pramuka Penegak”. Kegiatan dilaksanakan sepenuhnya di dalam kampus PIP Semarang dengan mendirikan tenda untuk bermalam pada Sabtu–Minggu (27–28 April 2024) yang diikuti oleh Pramuka Penegak se-Kota Semarang dengan jumlah 134 peserta putra dan putri dari 13 sekolah yang hadir.

Acara dibuka secara resmi oleh kakak Samsul Huda mewakili Direktur PIP Semarang dengan pengalungan tanda perserta di Lapangan Sepak Bola PIP Semarang. Huda menyampaikan selamat datang bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan MPSC, dan berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan rutin tiap tahunnya. “Buat adik-adik pramuka, selamat mengikuti kegiatan perkemahan dengan tema Nuansa Bahari di PIP Semarang, semoga kegiatan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan adik-adik di bidang Bahari.” Pungkas Huda. Turut hadir pula kakak Anugerah selaku Pembantu Direktur III PIP Semarang, dan Ketua Gugus Depan Putra, Fadli Diyatmiko, S.S.T.Pel. beserta kakak Pembina dari Taruna Taruni PIP Semarang.

Kegiatan diawali dengan jumpa tokoh di Auditorium, dalam kegiatan ini tokoh yang ditampilkan adalah Komandan Resimen (Danmen) Taruna PIP Semarang. Selanjutnya adik-adik Pramuka melaksanakan Tour Simulator yang melibatkan Dewan Musyawarah Taruna (Demustar) PIP Semarang Batalyon 2 dan 3, disini peserta diajak kakak Pembina untuk berkeliling mengunjungi Laboratorium, Simulator, dan Bengkel sebagai tempat pembelajaran praktik bagi Taruna PIP Semarang. Acara selanjutnya berupa Fun Games, kegiatan dilangsungkan di lapangan sepak bola dan terbagi menjadi beberapa kelompok, walaupun sempat di guyur hujan, kegiatan tetap berjalan dan peserta sangat menikmati kegiatan fun games dengan antusias yang tinggi. Kegiatan hari pertama ditutup dengan Lomba Pentas Seni (Pensi), disini masing-masing sekolah bersaing untuk memberikan penampilan terbaiknya dengan tema “Hari Kartini”. Adapun lomba yang berlangsung secara online adalah lomba fotografi.

Di hari terakhir kegiatan sebelum acara penutupan, panitia MPSC 2024 mengumumkan para pemenang lomba. Untuk kategori lomba Pensi, Juara 1 diraih SMAN 1 Kendal, Juara 2 diraih SMA Multazam Islamic Boarding School (IBS), dan Juara 3 diraih SMAN 1 Ungaran. Untuk kategori lomba Fotografi, Juara 1 diraih SMKN 3 Semarang, Juara 2 diraih SMKN 4 Semarang, dan Juara 3 diraih SMK Pelayaran Akpelni Semarang. Sedangkan untuk Juara Umum diraih SMA Multazam IBS.