Memperkuat Jalinan Kepemimpinan PIP Semarang Jadi Tuan Rumah Rakercap Tahun 2024

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) merupakan program kegiatan tahunan yang diikuti oleh seluruh Kwartir Ranting yang diwakili Ketua, Sekretaris dan Ketua Dewan Kerja Ranting (DKR), Unsur pimpinan dan sekretaris Bidang Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Semarang, dan andalan Cabang Kwarcab Kota Semarang. Agenda utama dalam pelaksanaan Rakercab ini adalah penyampaian pertanggung jawaban, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2023, serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan Rakercab merupakan agenda rutin Kwartir Cabang Kota Semarang yang kali ini dilaksanakan di Gedung Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Sabtu, 27 April 2024.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Semarang Kak Adi Tri Hananto, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Pramuka dalam membangun karakter generasi muda Indonesia. “Melalui Pramuka, saya meyakini kita tidak hanya mendidik anak-anak menjadi pribadi yang tangguh dan berbudi pekerti luhur, tetapi juga menciptakan pemimpin masa depan yang berintegritas dan bertanggung jawab,” kata Kak Adi. PIP Semarang sebagai tuan rumah kegiatan diwakili oleh Pembantu Direktur III, Capt. Anugerah Nur Prasetyo, M.Si., menambahkan¬† tentang kreativitas yang beragam dalam kegiatan Pramuka. Dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah, ide-ide segar, dan inovatif akan bermunculan, mulai dari penggunaan teknologi dalam kegiatan outdoor hingga program-program sosial yang lebih terfokus, hal ini harus mendapatkan perhatian dan dukungan penuh.

Rapat kerja ini menjadi wadah untuk berbagi pengalaman, dan ide-ide inovatif dalam mengembangkan kegiatan Pramuka yang lebih beragam dan menarik. Ketua Pelaksana Rakercab Kak Widodo menyampaikan, agenda kegiatan rakercab dimulai dengan pembukaan, sambutan, dilanjutkan paparan program kerja prioritas oleh masing masing bidang, setelah itu dilakukan penajaman, umpan balik, dari peserta rakercab. Kak widodo menambahkan, keberhasilan rakercab melibatkan dukungan spiritual, moral dan material  dari pemerintah Kota Semarang dan semua pihak yang terkait, tak hanya di Tahun 2024 ini yang merupakan tahun terakhir masa bakti kepengurusan Kwarcab 2019-2024. Akan tetapi mendukung seterusnya sehingga Kwarcab Kota Semarang akan semakin ketok, kroso, lan kanggo Masyarakat.