Tingkatkan Pendidikan Vokasi PIP Semarang dan Poltekpel Sumbar Jalin Kerja Sama Baru

Dua institusi pendidikan, yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dalam ruang lingkup bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lebih mengerucut, nota kesepahaman ini dibuat sebagai dasar dalam pelaksanaan kerja sama penerimaan Taruna Program Diklat Pembentukan. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 26 April 2024 bertempat di Gedung Serba Guna PIP Semarang.

Sebagai institusi pendidikan yang sama-sama mengemban tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan pendidikan vokasi  di  bidang pelayaran, sangat tepat bagi kedua institusi ini saling bersinergi untuk mewujudkan instan transportasi laut yang handal dan kompeten. Kerja sama yang digagas oleh Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.M.Tr., M.Mar., dan Direktur Poltekpel Sumatera Barat, Dr. H. Irwan, SH., M.Mar.E., ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para peserta seleksi penerimaan calon taruna yang memiliki keinginan yang besar untuk menjadi Taruna Transportasi Laut. Dengan kerja sama ini, diharapkan calon peserta yang belum berhasil menjadi Taruna PIP Semarang dikarenakan keterbatasan kuota, masih berkesempatan untuk menjadi Taruna di Politeknik Pelayaran lain, yang sama-sama merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Perhubungan.

Bersama Direktur Poltekpel Sumbar, dalam kegiatan ini turut hadir pula Wakil Direktur II Bapak Slamet Riyadi, M.Si., M.Mar., dan juga Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Bapak Iwan Kurniawan, M.Pd, M.Mar.E. Para pihak menandatangani perjanjian kerja sama yang bertujuan untuk saling mendukung dan memperkuat kemajuan dalam dunia pendidikan. Diharapkan hal ini dapat menciptakan atmosfer yang kondusif bagi pertukaran ide, dan pengetahuan, serta memperluas jangkauan pendidikan di wilayah masing-masing.