PIP Semarang Selenggarakan DPKN Tingkat III Bagi Anggota Polri

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang selenggarakan Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perwira Kapal Negara (DPKN) Tingkat III bagi Personel Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri dan Ditpolairud Polda. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program pemerintah tentang Pembangunan Bidang SDM untuk mewujudkan Polri yang menetapkan kebijakan transformasi Polri yang presisi yang diimplementasikan dalam program prioritas, salah satunya adalah menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0. Jumlah keseluruhan peserta diklat terdiri dari 48 orang yang terbagi menjadi dua diklat. Diklat Perwira Mesin Kapal Negara Tingkat III berjumlah 24 orang dilaksanakan mulai 24 April 2024 sampai dengan 10 September 2024, dan Diklat Perwira Dek Kapal Negara Tingkat III berjumlah 24 orang dilaksanakan mulai 24 April 2024 sampai dengan 21 Agustus 2024. Diklat sepenuhnya dilaksanakan di kampus PIP Semarang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.M.Tr., M.Mar. Dalam sambutannya Direktur menyampaikan rasa terima kasih kepada Ditpolairud yang telah mempercayakan PIP Semarang sebagai tempat untuk melatih dan mendidik anggotanya. “Kegiatan ini adalah bentuk kerjasama antara Korps Polisi Air dan Udara (Korpolairud) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mendidik polisi sesuai dengan persyaratan dan pengawakan kapal.” Pungkas Sukirno. Dalam kesempatan yang sama Kombospol Mochamad Zainul, S.I.K., M.H., selaku Kabagkatprof Korpolairud Baharkam Polri menyampaikan kepada seleuruh peserta diharapkan nantinya dapat memberikan kontribusi dalam mendukung tugas operasional kepolisian perairan. Hadir pula dalam kegiatan Jajaran Managemen PIP Semarang, Perwakilan Dirpolairud Polda Jateng, Perwakilan Polrestabes kota Semarang, Yonif Raider 400 Banteng Raider, dan Kasubaglatbangprof Bagkatprof Korpolairud Baharkam Polri.

Dalam pelaksanaan kegiatan, peserta Diklat Perwira Mesin Kapal akan mendapatkan materi Dinas Jaga Mesin, Keselamatan dan Prosedur Darurat, Mesin Penggerak Utama, Permesinan Bantu, Bahasa Inggris Maritim, Elektronika, Sistem Kontrol, Pencegahan Pencemaran, Konstruksi dan Stabilitas Kapal, Undang-undang Pelayaran dan Peraturan Pelaksanaannya, Budaya Keselamatan Keamanan dan Perbaikan Permesinan Kapal, Penggunaan Peralatan Kerja Manual dan Bertenaga, Teknologi Informatika, Ilmu Bahan, Desain dan Gambar Permesinan, dan Diklat Keterampilan BST, AFF, MFA, SSO, ERM, dan IMDG Code.

Sedangkan peserta Diklat Perwira Dek Kapal akan mendapatkan materi Ilmu Pelayaran Datar, Sistem Navigasi Elektronik, Kompas dan Sistem Kemudi, Meteorologi, Prosedur Darurat dan SAR, Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut dan Dinas Jaga, Pencegahan Pencemaran, Konstruksi dan Stabilitas Kapal, Undang-Undang Pelayaran dan Peraturan Pelaksanaannya, Budaya Keselamatan Keamanan dan Pelayanan, Kecakapan Bahari, Perlengkapan Kapal, Isyarat Visual, Permesinan Kapal, Teknologi Informatika, Olah Gerak dan Pengendalian Kapal, Bahasa Inggris Maritim, serta Penanganan dan Pengaturan Akomodasi, dan Diklat Keterampilan BST, AFF, MFA, SSO, RADAR SIMULATOR, ARPA SIMULATOR, BRM, GOC GMDSS.