Kunjungan SMAN 1 Taruna Madani ke PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjadi tujuan kedua dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Education Tour 2024 yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Taruna Madani Pasuruan Jawa Timur, dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 91 siswa-siswi murid kelas XI dan 10 guru pendamping. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi pada Selasa (23 April 2024).

Kepala Divisi Pengembangan Usaha, Ery Prasetiati, S.Psi., yang mewakili Direktur PIP Semarang menyambut dengan hangat rombongan yang datang, dalam penyampaiannya Ery memberikan informasi mengenai kualitas pendidikan, fasilitas pendidikan, dan prospek kerja setelah lulus mengenyam pedidikan di PIP Semarang, serta memberikan contoh lulusan yang telah terserap di beberapa instansi pemerintah (ASN), perwira TNI atau Polri, dan perusahaan pelayaran. “Saya ucapkan terima kasih kepada SMAN 1 Taruna Madani Jawa Timur yang telah memilih PIP Semarang menjadi salah satu bagian dari Campus Tour. Hal ini menunjukkan PIP Semarang merupakan salah satu kampus yang terbaik dan dapat menjadi pilihan melanjutkan karir dalam mencapai masa depan yang cerah.” pungkas Ery.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Sekolah, Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas diperkenankannya sekolah kami mengunjungi PIP Semarang, sehingga para siswa siswi menjadi mengerti tentang sekolah pelayaran, serta membuka wawasan bahwa karir tidak hanya menjadi ASN namun juga bisa menjadi Pelaut, Perwira Karir TNI/Polri, atau Pebisnis.

Pada acara paparan, Erli Pujianto selaku Pengadministrasi Pendidikan I memberikan informasi kepada siswa siswi yang hadir mengenai bagaimana proses Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) 2024 di PIP Semarang. Adapun dua Taruna PIP Semarang Prodi Nautika Semester VII atas nama Gede Agansa Pradnya Widagda dan Adam Daniswara menceritakan pengalamannya setelah melaksanakan Praktik Laut (Prala) dalam proses pendidikan, dan membuat banyak siswa siswi menjadi tertarik ingin melanjutkan sekolah di PIP Semarang. Acara semakin menarik dengan dibukanya sesi tanya jawab, bagi penanya yang beruntung berhak mendapatkan suvenir dari PIP Semarang.

Tujuan diadakannya kegiatan Education Tour ini untuk, mendapatkan informasi yang benar tentang prosedur seleksi masuk PIP Semarang dengan menggunakan beberapa alternatif jalur penerimaan, menambah informasi tentang ragam jurusan atau program studi, mengetahui program beasiswa yang ada, mengetahui gambaran lingkungan dan proses belajar-mengajar, dan memiliki keputusan yang tepat dalam menentukan pilihan sekolah yang diharapkan menjadi tempat studi lanjut nantinya.