Pentingnya Investasi Kesehatan, PIP Semarang Menggelar Medical Check-Up Bagi Pegawai

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan para pegawai di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dilaksanakan kegiatan Medical Check-Up (MCU) kepada seluruh pegawai. Kegiatan ini tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi juga investasi kesehatan yang penting bagi keberlangsungan kinerja pegawai dan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Hampir setiap tahun, Manajemen PIP Semarang melalui Unit Kesehatan menggelar MCU bagi seluruh pegawai sebagai bagian dari program kesehatan dan kesejahteraan. Kali ini PIP Semarang menggandeng Laboratorium Klinik Utama IBL dalam membantu pelaksanaan yang berlangsung tiga hari mulai Senin-Rabu, 22-24 April 2024, bertempat di Klinik Utama PIP Semarang.

Kegiatan dilaksanakan setelah apel pagi setiap harinya, pegawai antusias menunggu giliran mereka untuk menjalani pemeriksaan. MCU ini mencakup serangkaian tes kesehatan seperti Laboratorium meliputi cek darah dan urin, Rekam Jantung atau Elektrokardiogram (EKG), Rontgent Thorax, Papsmer (khusus wanita), Mata, Fisik umum antara lain Tinggi Badan, Berat Badan, Tekanan darah, dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Kepala Unit Kesehatan PIP Semarang, dr. Rosvy Walida, menjelaskan bahwa MCU bukan hanya sekadar kewajiban formal, tetapi juga bagian dari komitmen institusi untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan pegawai. “Kesehatan adalah aset yang paling berharga bagi setiap individu, termasuk bagi pegawai kami. Dengan menjalani MCU secara rutin, kami berharap dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kesehatan mereka,” ungkapnya.

Selain manfaat bagi pegawai secara individual, MCU juga memiliki dampak positif bagi efisiensi dan produktivitas institusi. Dalam rangka untuk mengetahui kondisi terkini dari kesehatan Pegawai dan deteksi dini penyakit yang mungkin ditimbulkan akibat bahaya di lingkungan kerja, para pegawai PIP Semarang menyambut baik kegiatan MCU ini sebagai bentuk perhatian dan investasi yang penting dari pihak manajemen terhadap kesejahteraan mereka. “MCU ini memberikan kami kesempatan untuk memastikan bahwa kami dalam kondisi sehat dan siap memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” kata Dewanti, salah satu pegawai PIP Semarang.