Pegawai PIP Semarang Jalani Tes Narkoba: Langkah Tegas dalam Mewujudkan Lingkungan Kerja Bebas Narkoba

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang tengah melakukan langkah proaktif dalam menjaga keamanan dan kualitas lingkungan kerja di kalangan pegawai sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan kerja yang bersih dari penggunaan narkotika. Hal ini dilakukan juga sebagai tindak lanjut dari surat Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Nomor: UM.006/3/9/Set.BPSDMP, tertanggal 23 Februari 2024, perihal Target P4GN BPSDM Perhubungan Tahun 2024. Selaras dengan hal tersebut melalui Unit Kesehatan PIP Semarang dilaksanakan tes narkoba bagi seluruh pegawai pada 22-24 April 2024, bertempat di Klinik Utama PIP Semarang.

Program tes narkoba ini merupakan langkah yang diambil sebagai bagian dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja atau sering disebut dengan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba). Dengan menerapkan tes narkoba, diharapkan dapat mengidentifikasi dan memberikan tindakan yang tepat terhadap pegawai yang terlibat dalam penggunaan narkotika. Unit Kesehatan PIP Semarang diwakili oleh Samsul Hadi menyatakan, “Penyalahgunaan narkoba dapat merusak lingkungan kerja dan kinerja pegawai. Oleh karena itu, kami mengambil langkah proaktif dengan melakukan tes narkoba sebagai bagian dari upaya pencegahan,” ucapnya saat kegiatan berlangsung. Sejumlah 270 pegawai telah dilakukan tes urin dan hasil pemeriksaan dinyatakan Negatif, artinya tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba.

Proses tes narkoba ini akan dilakukan secara berkala terhadap seluruh pegawai PIP Semarang. Semua pegawai harus bertanggung jawab untuk menjaga citra institusi dan meningkatkan kinerja. Langkah ini sangat baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi pemerintahan lainnya dalam menjaga lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.