Bimtek Penyusunan Artikel Jurnal Pengabdian Masyarakat Sukses Digelar Oleh PIP Semarang

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Data Statistical Program for Social Science (SPSS) dan Penyusunan Artikel Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dosen dan peneliti dalam menyusun artikel jurnal yang berkualitas dan sesuai dengan standar penerbitan ilmiah. Bimtek diikuti oleh dosen PIP Semarang dari Tiga Program Studi, bertempat di Ruang Sidang Besar, Gedung Utama pada, Kamis 18 April 2024.

Bimtek ini merupakan salah satu upaya PPPM PIP Semarang untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dosen. PPPM PIP Semarang juga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan pembinaan kepada dosen dalam rangka meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Direktur III PIP Semarang, Dr. A. Agus TJhjono, M.M.M.Mar., mewakili Direktur dalam sambutannya. “Bimtek ini sangat bermanfaat bagi para dosen untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis artikel jurnal. Dengan mengikuti bimtek ini, para dosen dapat lebih banyak mempublikasikan hasil pengabdian mereka kepada masyarakat melalui jurnal-jurnal ilmiah yang terakreditasI,” ujar Agus.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Dra. Alifah Ratnawati, M.M., untuk materi Pengolahan Data SPSS, dan Prof. Dr. Widodo, S.E., M.Si., untuk materi Penyusunan artikel jurnal pengabdian kepada masyarakat. Keduanya adalah guru besar dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Dalam paparannya, Prof. Alifah mengajak para peserta langsung mempraktikkan bagaimana cara mengolah data menggunakan aplikasi SPSS yang sudah diinstal oleh para peserta. menjelaskan tentang struktur dan format artikel jurnal pengabdian kepada masyarakat, serta tips dan trik untuk menulis artikel yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.