PIP Semarang Hadir Pada Singapore Maritime Week 2024

Singapore Maritime Week (SMW) 2024 yang berlangsung dari 15 hingga 19 April 2024, telah resmi dibuka. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh Maritime and Port Authority of Singapore (MPA), dan berhasil menjadi platform utama bagi para pemimpin industri maritim global untuk berkumpul, berjejaring, dan membahas tren terbaru yang membentuk masa depan industri maritim. Dengan tema “Actions Meet Ambition“.

Acara dibuka oleh Menteri Senior Transportasi Singapura, Ong Ye Kung, dalam pidato pembukaannya di SMW 2024, menekankan pentingnya kolaborasi global untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang di industri maritim. “Industri maritim global menghadapi banyak tantangan, tetapi juga menawarkan banyak peluang,” kata Ong. SMW 2024 juga berfokus pada bagaimana industri maritim dapat menerjemahkan ambisi maritim menjadi tindakan nyata. Acara ini menghadirkan berbagai konferensi, seminar, pameran, dan peluang networking yang dirancang untuk mendorong kolaborasi dan inovasi dalam beberapa bidang utama, yaitu Digitalisasi, Dekarbonisasi, Ketahanan Rantai Pasokan, Keamanan Maritim, dan Talenta Maritim.

Bagi Indonesia, SMW 2024 menjadi kesempatan penting untuk menjalin hubungan dengan para pemimpin industri maritim global dan menjelajahi peluang kolaborasi baru. Indonesia memiliki industri maritim yang besar dan berkembang pesat, dan SMW 2024 adalah platform ideal untuk mempromosikan industri maritim Indonesia kepada dunia. Kontingen dari Politeknik Ilmu Palayaran (PIP) Semarang ikut hadir dalam gelaran tersebut dan diwakili oleh Dr. Capt. Samsul Huda, M.M., selaku Kepala Pusat Pembinaan Mental, Moral, dan Kesamaptaan (PMMK), serta Taruna Dewasa I Kadek Candra Anggara.