Ratusan Umat Muslim Padati Plaza Bintang PIP Semarang untuk Salat Idulfitri 1445H

Area sekitar Plaza Bintang Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang telah dipadati oleh jamaah yang berbondong-bondong datang bersama keluarga dan kerabat untuk menunaikan salat Idulfitri, pada Rabu 10 April 2024/1 Syawal 1445 Hijriah. Terlaksananya kegiatan salat dilaksanakan oleh panitia melalui Lembaga Amalan Islam (LAI) PIP Semarang, beserta taruna-taruni yang berdomisili di Semarang.

Salat Idulfitri dipimpin oleh Imam dan Khatib, Muhammad Fauzi, SHI., M.H., yang saat ini menjadi pengurus di Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah, Beringin, Wonosari Ngaliyan Semarang. Dalam kesempatan ini Fauzi menyampaikan khutbah dengan mengusung tema “Momentum Hari Raya, Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Syukur dan Taqwa”. Fauzi mengajak umat Islam meningkatkan kualitas syukur. Menurutnya syukur adalah ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Syukur tidak hanya diucapkan dengan lisan, tetapi juga dengan perbuatan. Selanjutnya disampaikan makna dari taqwa, yang menurutnya merupakan rasa takut kepada Allah SWT dan selalu berusaha untuk mentaati perintah-Nya. Dalam kesempatan itu Fauzi memberikan juga contoh Meningkatkan kuantitas taqwa berarti melakukan lebih banyak amalan saleh dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Lebih lanjut, Fauzi juga mengajak umat Islam untuk menerapkan sikap syukur dan taqwa dengan cara yang benar, dan proporsional antara lain dengan mensyukuri nikmat yang kecil dan besar dengan cara yang sepadan. “Memperbanyak ibadah salat, puasa, zakat, haji, dan membaca Alquran dengan tartil dan memahami maknanya. Mari kita jadikan momen Idulfitri ini sebagai momentum untuk kembali kepada fitrah, membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan,” ujar Fauzi. Usai salat Idulfitri, jamaah saling bersalaman dan bermaafan, mendoakan kelancaran dan keberkahan di tahun yang akan datang. Pelaksanaan salat Idulfitri di Plaza Bintang tahun ini berjalan lancar dan aman. Petugas keamanan tampak sigap menjaga keamanan dan kenyamanan jamaah.