Pastikan Kesiapan Fasilitas dan Layanan Pemudik, PIP Semarang Dampingi Sekretaris BPSDMP Laksanakan Tinjauan Angkutan Lebaran 2024

Pos Koordinasi (Posko) Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan pada Rabu (3/4).  Menhub menjelaskan pergerakan masyarakat dalam skala besar pada waktu mudik di saat bersamaan, harus diantisipasi dengan penyediaan sarana dan prasarana yang andal di semua sektor. Berbagai moda dikerahkan untuk mengakomodir para pemudik baik jalur udara, laut, maupun darat. Ini merupakan upaya nyata pemerintah untuk melayani masyarakat.

Seiring hal tersebut, Manajemen Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang turut mengawal rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc., melakukan peninjauan langsung kegiatan angkutan lebaran tahun 2024 di beberapa titik strategis khususnya di Jawa Tengah, pada Selasa (9/4). Kunjungan diawali ke Stasiun Tugu Yogyakarta, dilanjutkan ke Terminal Tirtonadi Solo. Di Terminal Tirtonadi, Wisnu Handoko meninjau kesiapan ruang tunggu, loket pembelian tiket, dan armada bus. Ia juga berdialog dengan para penumpang untuk mendapatkan masukan dan keluhan terkait layanan di terminal. Selanjutnya Bandara Adi Sumarmo menjadi titik kunjungan selanjutnya, sebelum ke Semarang.

Didampingi oleh beberapa pejabat dari Politeknik di bawah BPSDMP area Jawa Tengah dan Jawa Timur, dalam kunjungannya Wisnu Handoko memastikan kesiapan fasilitas dan layanan pada lokasi kunjungan karena adanya lonjakan penumpang selama musim mudik lebaran. Setibanya di Semarang rombongan menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas. Di Pelabuhan Tanjung Emas, Wisnu Handoko meninjau kesiapan terminal pemberangkatan, ruang tunggu, dan menyapa langsung penumpang di kapal yang sedang bersandar, dan menghimbau kepada para pemudik untuk merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket jauh-jauh hari. Ia juga mengingatkan kepada para pemudik untuk selalu menjaga keselamatan dan kesehatan selama perjalanan. Besar harapan Wisnu mudik lebaran tahun ini berjalan dengan lancar, semua penumpang ceria dan dapat berbagi kebahagiaan dengan keluarga sesuai jargon “Mudik Ceria Penuh Makna”.