bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

https://maxplay99.cohttps://dewata138.co/https://kepri168.orghttps://ibcslot.co/https://boss69.nethttps://nugget18.comhttps://bos77slot.cohttps://queen4dwin.comhttps://asiasuperbetgacor.comhttps://indobet8slot.comhttps://mghslotgacor.comhttps://cery88gacor.comhttps://hokigaming777slot.com

Kuliah Umum PIP Semarang: PT SPIL Bagikan Kiat Menjadi Pelaut Sukses

PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), perusahaan pelayaran ternama di Indonesia berdiri pada tahun 1972 dengan nama PT Samudera Pacific Indah Raya (SPIR). SPIL awalnya berfokus pada layanan pelayaran domestik untuk menghubungkan pulau-pulau di Indonesia saja namun saat ini telah menjadi salah satu perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia dengan armada lebih dari 50 kapal berbagai jenis. Dengan pengalamannya SPIL hadir di Kampus Politeknik Ilmu pelayaran (PIP) Semarang dalam Kuliah Umum, pada Rabu (6/3). Acara ini diikuti oleh taruna-taruni dari semester IV.

Kuliah umum ini menghadirkan dua narasumber inspiratif, yaitu Capt. Nur Basuki, Manager Ship Learning and Development, dan Capt. Popo Hartoyo, M.M., M.Mar., Assistant Manager Ship Learning and Development PT SPIL. Pada sesi pertama Nur Basuki memaparkan perjalanan PT SPIL dari mulai berdiri hingga saat ini dapat berkembang dengan berbagai layanan antara lain layanan pelayaran domestik, layanan pelayaran internasional, dan layanan logistik. Dari perjalanan panjang tersebut Nur Basuki mengajak seluruh taruna-taruni yang hadir untuk selalu optimis. “Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semua tergantung kalian. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi diri yang kamu inginkan,” ucap Nur Basuki mengakhiri materinya.

Narasumber selanjutnya mengusung materi “Meningkatkan Ketahanan”. Dalam materinya, Popo Hartoyo menyampaikan pendapat psikolog terkait definisi dari ketahanan sebagai proses beradaptasi dengan baik dalam menghadapi kesulitan, trauma, tragedi, ancaman, atau sumber stres lainnya. Popo mencontohkan kondisi lingkungan kerja di atas kapal. Ketahanan dapat dimaknai terjadinya “bangkit kembali” dari pengalaman sulit yang dapat berdampak pada pertumbuhan pribadi yang mendalam. “Menjadi tangguh bukan berarti seseorang tidak akan mengalami kesulitan atau kesusahan,” pungkas Popo. Dia juga menambahkan terkait persiapan yang harus dilakukan kadet sebelum memasuki dunia kerja antara lain mengikuti diklat Basic Safety Training (BST).

Kuliah umum difasilitasi oleh Bidang Ketarunaan dan Alumni PIP Semarang dengan Koordinator Dr. Capt. Akhmad Ndori, M.M., M.Mar. Di sela mendampingi Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., membuka acara, Ndori menambahkan tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini. “Kuliah umum sebagai wadah bagi taruna-taruni untuk mengenal lebih dalam dunia kerja,” ucapnya. Pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi bagi seluruh taruna-taruni untuk mendapatkan edukasi dan motivasi dari para pakar di bidangnya. Ndori juga menginformasikan di akhir kegiatan dilaksanakan seleksi oleh para narasumber, yang nantinya peserta seleksi setelah dinyatakan lolos akan mendapatkan kesempatan menjadi kadet di kapal milik PT SPIL.



Leave a Reply