https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

https://maxplay99.cohttps://dewata138.co/https://kepri168.orghttps://ibcslot.co/https://boss69.nethttps://nugget18.comhttps://bos77slot.cohttps://queen4dwin.comhttps://asiasuperbetgacor.comhttps://indobet8slot.comhttps://mghslotgacor.comhttps://cery88gacor.comhttps://hokigaming777slot.com

Pengabdian kepada Masyarakat Kendal oleh PIP Semarang: Pentingnya Navigasi Pelayaran dan Perawatan Permesinan bagi Keselamatan Pelayaran

Pada Rabu, 28 Februari 2024 Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali melaksanakan agenda rutin Pengabdian kepada Masyarakat, kali ini kegiatan bertempat di Balai Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal dengan mengangkat tema “Sosialisasi Navigasi Pelayaran dan Perawatan Permesinan”. Acara dihadiri oleh 100 peserta yang antara lain berasal dari komunitas nelayan Desa Gempolsewu dan sekitarnya.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., M.Mar., mewakili Direktur PIP Semarang secara resmi membuka acara sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan yaitu sebagai pelaksanaan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, “Kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berupa sharing pengetahuan dan wawasan di bidang kenavigasian dan perawatan permesinan kapal karena kedua hal tersebut merupakan faktor penting dalam mendukung keselamatan aktifitas pelayaran, semoga kontribusi yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk menunjang aktifitas sehari-hari dan usaha Bapak-Bapak sekalian di bidang pelayaran dan perikanan khususnya bagi komunitas nelayan di Desa Gempolsewu dan sekitarnya”, ucapnya.

Ketua Satpol Pamong Praja mewakili Camat Rowosari, Solikin, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran PIP Semarang yang telah berkenan membagikan ilmu yang bermanfaat dan berkontribusi bagi para nelayan di Desa Gempolsewu serta berharap para peserta kegiatan dapat menyerap ilmu yang diberikan untuk diterapkan dalam aktifitas keseharian dalam berlayar. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Gempolsewu, Babinkamtibmas, Babinsa, dan Komandan Pos TNI AL Kendal.

Selanjutnya secara berturut-turut para narasumber menyampaikan materi pembahasan yang diawali oleh Pranyoto, S.Pi., M.A.P. menyampaikan pengalaman selama berkarir di bidang pelayaran serta menekankan pentingnya kenavigasian bagi keselamatan pelayaran, materi selanjutnya Navigasi dan Keselamatan Pelayaran oleh Dian Erliyani, S.Si.T., M.Si. dan Moh. Zaenal Arifin S.Si.T., M.M., M.Mar. Dilanjutkan dengan materi Perawatan Permesinan oleh Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom., M.Si. Pada materi terakhir disampaikan sosialisasi Diklat Pemberdayaan Masyarakat oleh Heri Prasetyo, S.M., M.M. Di sela-sela kegiatan para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan membagikan pengalamannya selama menggeluti dunia pelayaran tradisional sehingga tercipta suasana interaksi dua arah yang saling melengkapi dalam memahami pentingnya navigasi pelayaran dan permesinan kapal.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan usaha perikanan di Desa Gempolsewu, PIP Semarang membagikan 35 unit cooler box bagi para nelayan guna menunjang kegiatan penangkapan ikan agar hasil tangkapan nelayan tetap terjaga mutu dan kesegarannya. Panitia juga membagikan kuesioner sebagai media untuk memperoleh umpan balik atas pelaksanaan kegiatan sehingga kedepannya pengabdian masyarakat dapat dilaksanakan dengan lebih baik serta dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan di dunia pelayaran.



Leave a Reply