Core Value: Strategi Mewujudkan Perilaku dan Budaya Kerja Menuju Indonesia Emas 2045 di Lingkungan BPSDMP

Di era modern yang penuh dengan perubahan dan disrupsi, core value atau nilai-nilai inti menjadi semakin penting dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam organisasi, perusahaan, maupun individu. Nilai inti berperan sebagai kompas moral yang menuntun arah dan tindakan, serta menjadi fondasi untuk membangun budaya yang kuat dan positif. Core value merupakan  kumpulan prinsip dan keyakinan fundamental yang dipegang teguh oleh suatu organisasi atau individu. Nilai-nilai ini menjadi dasar pengambilan keputusan, perilaku, dan cara kerja. Nilai inti yang kuat membantu menciptakan kesatuan dan keselarasan dalam organisasi, serta memberikan rasa identitas dan tujuan bagi para anggotanya.

Seiring dengan perkembangan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada tahun 2045, perlu diwujudkan strategi implementasi program kegiatan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam Rencana Strategis periode 2025-2029 untuk mendorong capaian outcome yaitu peningkatan serapan lulusan yang profesional dan beretika dan dapat diterima oleh dunia kerja. Sejalan dengan hal tersebut Plt. Kepala BPSDMP, Capt. Wisnu Handoko, M.Sc., melakukan penguatan internalisasi serta pengembangan core value PRESTASI yang terus diperluas kembali. Strategi tersebut dinamakan GOLD GEN (Gold Generation) menuju Indonesia Emas, Kali ini kegiatan dilaksanakan di Politeknik Ilmu pelayaran (PIP) Semarang di sela rangkaian kegiatan wisuda ke-98, pada Rabu (28/2), yang diikuti oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPSDMP.

Plt. Kepala BPSDMP menginisiasi pemaparan terkait 11 core value yaitu PRO PRESTASI antara lain, Problem Solver, Responsive, Oriented to Goal, Profesional, Reform, Ethic, Sustainable, Transform, Attitude, Standar Global, dan Integrity. Capt. Wisnu mempunyai harapan seluruh sumber daya manusia BPSDM Perhubungan, mulai dari Jajaran Direktur/Kepala Balai, Pejabat Struktural/Fungsional serta seluruh pelaksana/pegawai di lingkungan BPSDMP mengetahui, mengimplementasikan, dan menginternalisasikan nilai-nilai utama (core values) SDM BPSDM Perhubungan secara sungguh-sungguh, konsisten, dan konsekuen. “Nilai inti adalah elemen penting dalam mencapai kesuksesan di era modern. Dengan memiliki nilai inti yang kuat, organisasi, dan individu dapat membangun budaya yang positif, meningkatkan kinerja, dan memperkuat reputasi. Penetapan ini menjadi rujukan dalam panduan beretika, bersosialisasi, serta berkinerja sehari-hari,” ucap Wisnu.



Leave a Reply