https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

https://maxplay99.cohttps://dewata138.co/https://kepri168.orghttps://ibcslot.co/https://boss69.nethttps://nugget18.comhttps://bos77slot.cohttps://queen4dwin.comhttps://asiasuperbetgacor.comhttps://indobet8slot.comhttps://mghslotgacor.comhttps://cery88gacor.comhttps://hokigaming777slot.com

Pendampingan Kepada Nelayan Bajomulyo dalam Upaya Penanggulangan Pencemaran Laut: Kontribusi PIP Semarang untuk Kebersihan Laut

Kamis (22/02) bertempat di Aula Balai Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang selenggarakan pengabdian melalui Pusat Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M). Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini “Sosialisasi Pencegahan, Penanggulangan Pencemaran, dan Kesehatan Bagi Masyarakat Anak Buah Kapal.” Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di sekitar desa Bajomulyo.

Acara dibuka secara resmi oleh Sri Purwantini, S.E., S.Pd, M.M., yang mewakili Direktur PIP Semarang, dalam sambutannya Purwantini menyampaikan kegiatan ini adalah bentuk kontribusi nyata dari PIP Semarang dalam mendampingi nelayan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas nelayan dalam pencegahan pencemaran laut. “Pelaksanaan program kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pengalaman empiris, dan solusi yang efektif bagi penanganan permasalahan masyarakat khusunya bagi nelayan di desa Bajomulyo,” pungkas Purwantini.

Dalam kesempatan yang sama Camat Juwana, Sunaryo, S.H., M.M., menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada PIP Semarang yang berkenan untuk memberikan pengetahuan, ilmu, dan pendampingan langsung kepada warga nelayan yang ada di Juwana. Sunaryo juga menyampaikan pesan kepada peserta untuk menerapkan dan membagikan kepada sesama nelayan. “Hasil yang didapatkan panjengan setelah mengikuti kegiatan di sini jangan disimpan untuk diri sendiri, akan tetapi disampaikan ke keluarga, saudara, maupun tetangga.” Tampak hadir pula Lurah Bajomulyo, Kepala UPP Juwana, Komandan Kamla Juwana, Komandan Airud Juwana, Kapolsek Juwana, Danramil Juwana, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo, Kepala Tempat Pelelangan Ikan 1, dan 2 Juwana, Kepala Dinas Kelautan dan Pereikanan Kabupaten Pati, dan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Juwana.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Pencemaran Lingkugan Laut yang disampaikan oleh Capt. Dian Kurnianing Sari, S.ST., M.M., materi Kesehatan dan Penyakit HIV AIDS yang disampaikan oleh dr. Aries Yulianti dan Fitri Zuhriyah, S.Psi., M.Sc., materi Pencegahan Sedimentasi yang disampaikan oleh Capt. Indah Saraswati, S.Pd., M.T., M.Mar., serta informasi terkait Pembukaan Sipencatar 2024 yang disampaikan oleh Winarsih, dibantu oleh taruna Eko Wahyu Satria Putra dan taruna Rendra Yuniar Ardiansyah.

Kegiatan berlangsung lebih hidup saat sesi tanya jawab dibuka, banyak sekali peserta yang antusias bertanya terkait permasalahan maupun kendala yang mereka hadapi. Perlahan tapi pasti, seluruh pemateri dari PIP Semarang dapat menjawab dan memberikan solusi dari setiap pertanyaan. Diakhir kegiatan, peserta dipersilahkan untuk mengisi kuesioner yang dibagikan oleh panitia atas kegiatan yang telah dilaksanakan, hal ini bertujuan untuk mendapatkan tanggapan, data, dan informasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Pesrta juga mendapatkan bantuan senter untuk dapat dipergunakan saat melaut di atas kapal.



Leave a Reply