Apel Komando Pengangkatan Danmen Taruna Periode Februari–Agustus 2024

Apel komando dilaksanakan secara hikmat dalam rangka pengangkatan Staf Komando, dan Staf Penunjang Resimen Korps Taruna, serta Dewan Musyawarah Taruna (Demustar) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang periode Februari–Agustus 2024. Kegiatan ini menandai berakhirnya kepengurusan komandan resimen taruna yang lama yang saat ini telah memasuki semester akhir dan persiapan wisuda. Kegiatan dilaksanakan di Plaza Bintang Kampus PIP Semarang pada Senin (19/2), diikuti oleh seluruh civitas academica.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mewakili Direktur PIP Semarang sebagai pembina apel. Upacara pengangkatan Komandan Resimen Taruna ditandai dengan pelepasan tali komando, penandatanganan berita acara, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Tri Prasetya Caraka oleh Komandan Resimen yang baru, yang ditirukan oleh seluruh staf komando dan staf penunjang resimen korps serta dewan musyawarah taruna. Selaras dengan Surat Keputusan Direktur PIP Semarang, nomor KP PIP.Smg 175 Tahun 2024, tentang Pengangkatan Staf Komando dan Staf Penunjang Resimen Korps Taruna serta Dewan Musyawarah Taruna Periode Februari–Agustus 2024, pembina apel menyampaikan selamat kepada kedua perwakilan taruna. “Kepada Taruna Dewasa Fahmi Husnul sebagai Komandan Resimen lama saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan program-program yang selama ini telah dijalankan, dan selamat kepada Taruna Dewasa Muhammad Hanindityo sebagai penerusnya, semoga dapat membantu Kepala Pusat Pengembangan Mental, Moral, dan Kesamaptaan dalam menegakkan disiplin, tata tertib, dan memajukan program aktivitas taruna, serta dapat mengakomodir seluruh aspirasi taruna,” ucap Ilham.

Selain agenda tersebut juga dilaksanakan Kenaikan Tingkat Semester Taruna-Taruni Program Diploma IV Pola Pembibitan yang tertuang pada Surat Keputusan Direktur PIP Semarang Nomor KP PIP.Smg 183 Tahun 2024, dan Surat Keputusan Direktur PIP Semarang Nomor KP PIP.Smg 184 Tahun 2024 untuk Reguler, serta Surat Keputusan Direktur PIP Semarang Nomor KP PIP.Smg 185 Tahun 2024 untuk Mandiri, masing-masing pada program studi Nautika, Teknika dan Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) pada periode tahun akademik 2023/2024 genap. Seluruh taruna-taruni yang naik tingkat ke semester II, IV, VII, dan VIII diberikan tugas untuk menyelesaikan kewajiban antara lain pembayaran biaya semester dan melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) secara online dan melaksanakan bimbingan dosen wali untuk memonitor kemajuan belajarnya.



Leave a Reply