Penguatan Pembelajaran Praktik Pada Pendidikan Vokasi, PIP Semarang Gelar In House Training

Pendidikan vokasi di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang merupakan program pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan keterampilan di bidang pelayaran yang siap kerja serta mampu bersaing. Pada kurikulum pendidikan vokasi mengutamakan praktik dengan perbandingan 70% praktik dan 30% teori. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Balai Mas Pardi Gedung Serba Guna Kampus PIP Semarang dihadiri oleh seluruh dosen, pada Senin (12/02/2024).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mewakili Direktur, dengan menghadirkan narasumber Capt. Indra Priyatna. Indra menegaskan tujuan dari pelaksanakan In House Training ini adalah melaksanakan diklat vokasi dengan penerapan blended learning sehingga taruna seluruhnya dapat lulus uji kompetensi secara efisien sesuai standar dan peraturan yang berlaku. “Saya berharap dosen di PIP Semarang paham fungsi laboratorium, simulator, dan workshop, agar dapat menyusun skenario praktik untuk pembelajaran sesuai dengan mata kuliah yang diampu dan melakukan perhitungan yang tepat pada capaian penggunaan laboratorium, workshop, dan simulator sesuai rencana strategis PIP Semarang,” ucap Indra.

Seluruh dosen diberikan pengetahuan terkait pembelajaran praktik yang ideal. Capt. Indra juga memberikan masukan terkait tinjauan kurikulum selanjutnya perlu dipertimbangkan untuk memasukkan kecerdasan buatan (AI) ke dalam pengelolaan kapal berbasis teknologi untuk mengikuti kebutuhan smart marine yang sangat terkait dengan teknologi smart port, green port, dan future fairway karena semuanya akan menyatu dalam autonomous maritime system. Kegiatan dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Perangkat Pembelajaran, dan ditutup dengan tanya jawab.



Leave a Reply