Jelang Wisuda Taruna PIP Semarang Gelar Yudisium

Yudisium di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang merupakan penilaian akhir terhadap taruna-taruni secara menyeluruh berdasarkan Indeks Prestasi (IP), yang diperhitungkan dari seluruh satuan pelajaran atau mata kuliah yang diajarkan baik teori maupun praktik. Kegiatan yudisium periode semester ganjil tahun akademik 2023/2024 dilaksanakan di Ruang Sidang Besar Gedung Utama Kampus PIP Semarang dihadiri oleh seluruh dosen, pada Senin (12/02/2024).

Agenda tersebut dihadiri oleh Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.M.Tr., M.Mar. Dalam pengarahan Direktur menyampaikan beberapa poin salah satunya menghendaki hasil nilai yang diperoleh taruna-taruni telah mencerminkan nilai pendidikan vokasi. “Dalam pendidikan vokasi, proses dan hasil pembelajaran lebih cenderung dalam bentuk kompetensi yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang dilakukan secara menyeluruh. Tentu saja saya berterima kasih dan bahagia atas pencapaian ini, namun saya menghimbau kepada para dosen untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran praktik di laboratorium, simulator, bengkel, dan workshop,” ucap Sukirno. Tampak hadir Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mendampingi Direktur beserta para Ketua Program Studi Nautika, Teknika, dan Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) yang bergantian menyampaikan hasil nilai dari taruan-taruni semester I, III, VII, dan VIII sesuai prodi masing-masing.

Agenda lainnya juga dilakukan diskusi bagi para dosen yang hadir baik yang hadir langsung maupun online. Diskusi dengan ruang lingkup evaluasi terkait proses pembelajaran dipandu langsung oleh Kabag. Administrasi Akademik dan Ketarunaan. Dalam kesempatan yang sama Capt. Ilham memberikan tanggapan terhadap masukan dan saran serta menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk menyampaikan hasil nilai final agar dapat segera diproses pada Sistem Informasi Akademik (Siakad) yang selanjutnya dapat dilihat oleh taruna dan digunakan untuk keperluan pada semester selanjutnya.



Leave a Reply