BerPRESTASI, Taruna PIP Semarang Raih Tiga Medali Emas dan Penghargaan Bergengsi di Kompetisi Ilmiah Internasional

Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dalam ajang kompetisi ilmiah internasional, Global Youth Invention and Innovation Fair (GYIIF) 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kota Bogor ini berlangsung pada 11-14 Januari 2024, dengan melibatkan 341 tim dari 14 negara.

Sembilan taruna yang terbagi kedalam tiga tim mewakili setiap Program Studi (Prodi) di PIP Semarang, berhasil mencuri perhatian para juri dengan karya penelitian yang mengesankan dalam kategori Engineering and Technology.

Tim dari Prodi Nautika berhasil meraih medali emas dan Special Awards Global Youth Invention and Innovation Fair 2024 dengan karya berjudul “Navigation Light System Automation”. Sementara itu, Prodi Teknika tak kalah gemilang dengan meraih medali emas dan Special Awards Malaysia Young Scientist Organization 2024 untuk karya mereka yang berjudul “Automatic Water Sprinkle System on Conveyors in Port to Reduce Air Pollution Due to Flying Coal Dust”. Tidak ketinggalan, tim dari Prodi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) juga turut mempersembahkan medali emas dan Special Awards Malaysia Innovation Invention Creativity Association 2024 melalui karyanya “Design Application of Active Sea Service Based on the Web at KSOP Tanjung Emas”.

Salah seorang taruna dari Prodi Nautika, M. Farhan, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih untuk setiap dukungan yang diberikan pada mereka. “Alhamdulillah, Puji Syukur kami bisa meraih gold medal, pencapaian ini tidak lepas dari segenap orang-orang yang telah memberikan dukungan kepada kami. Kami ucapkan terimakasih untuk pembimbing, para dosen, pegawai PIP Semarang hingga teman-teman yang telah mendukung kami hingga meraih prestasi ini”. Pencapaian ini menjadi harapan dan awal untuk terus mengukir prestasi dan melahirkan generasi emas dari para taruna di PIP Semarang.



Leave a Reply