Target Capai KPI 2024, PIP Semarang Gelar Bimtek Manuscript Artikel Jurnal Untuk Dosen

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manuscript Artikel Jurnal pada tanggal 9–11 Januari 2024, bertempat di Ruang Meeting Solia Zigna kota Solo yang diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari dosen PIP Semarang. Selain itu untuk kebutuhan kolaborasi juga hadir perwakilan peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Akademi Maritim (AKMI) Suaka Bahari Cirebon, Universitas Maritim AMNI Semarang, dan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk memberikan layanan teknis berupa konsultasi dan pendampingan dari narasumber kepada manuscript yang telah disusun oleh para dosen agar diterima oleh jurnal internasional bereputasi. Kegiatan dibuka oleh Direktur PIP Semarang Capt. Sukirno M.MTr., M.Mar., didampingi oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E. Dalam sambutannya Direktur menyampaikan dukungan penuh kepada dosen dalam memproduksi karya ilmiah selain sebagai tanggung jawab juga sebagai pemenuhan dari KPI.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber seorang guru besar dari Universitas Sultan Agung Semarang Prof. Dr. Widodo, S.E., M.Si., yang mengawali dengan materi Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi dan Jabatan Fungsional. Selanjutnya hadir Prof. Dr. Parmin, M.Pd., dari Universitas Negeri Semarang yang selain menyampaikan materi juga berkenan memberikan review bagi artikel peserta. Narasumber ketiga dari Universitas Diponegoro yaitu Dr. Budi Warsito, S.Si., M.Si. Di sela kegiatan yang cukup padat, disampaikan pula rencana strategis program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari PPPM PIP Semarang.



Leave a Reply