Taruna PIP Semarang Berjuang Duduki Posisi Praktik di KMSM

Dalam upaya memenuhi kebutuhan posisi kadet di kapal untuk taruna Praktik Laut (Prala), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggandeng beberapa perusahaan pelayaran, baik nasional maupun internasional. Di awal tahun 2024 ini PIP Semarang melaksanakan seleksi taruna prala periode 2024/2025 untuk Perusahaan K Marine Ship Management (KMSM) yang merupakan perusahaan pelayaran yang bergerak dalam bidang pengangkutan gas alam cair, dengan trayek operasi world wide. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Selasa–Rabu (9-10 Januari 2024), bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Lt. 3 Balai Mas Pardi.

Tim dari KMSM yang dipimpin oleh Mr. Mitsutoshi Tabe berkebangsaan Jepang sebagai Representative KMSM di Jakarta didampingi oleh Third Officer Muhammad Ways Alkurni disambut langsung oleh Wakil Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., M.Mar, serta Koordinator Bidang Ketarunaan, Dr. Capt. Akhmad Ndori, M.M., M.Mar., dan menghadirkan 10 taruna terbaik untuk mengikuti seleksi, antara lain 5 taruna dari program studi Nautika, dan 5 taruna dari program studi Teknika angkatan 59 yang rencananya akan ditempatkan di kapal-kapal Liquified Petroleum Gas (LPG) dan Liquified Natural Gas (LNG) ukuran besar di perusahaan K-Line Japan.

Untuk menjadi yang terpilih, para taruna wajib melewati tiga tahapan seleksi, antara lain tes tertulis, tes wawancara, dan psikotes. Mr. Mitsutoshi Tabe menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan tahapan seleksi ini untuk mendapatkan taruna yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan maritim, terampil berbahasa inggris, dan memiliki kepribadian yang tangguh. PIP Semarang menjadi sekolah pilihan dari KMSM dalam menjaring kadet sebagai calon kru terbaik Indonesia dalam mengisi posisi penting di atas kapal mereka. Setelah taruna dinyatakan lolos seleksi, maka secara langsung KMSM akan memberikan scholarship kepada taruna sampai mereka menjadi perwira nantinya.



Leave a Reply