Sukses dan Inovatif, PIP Semarang Lepas Pasis Diklat Peningkatan dengan Penyerahan Langsung Sertifikat

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sukses menggelar upacara penutupan dan pelepasan Perwira Siswa (Pasis) Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat I, II, III, IV, dan V di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi pada Kamis, 14 Desember 2023. Acara ini menandai keberhasilan para peserta diklat yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan mereka di PIP Semarang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Drs. Herwanto, M.M., Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang, menyampaikan selamat atas prestasi yang dicapai oleh para lulusan. Melalui tema yang diusung “Lulusan Diklat Peningkatan PIP Semarang Siap Mewujudkan Keselamatan Operasi Kapal dan Perlindungan Lingkungan Maritim”, Herwanto berharap setiap lulusan mampu berpartisipasi dalam membangun negeri, terutama di sektor transportasi laut Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.M.Tr., M.Mar., dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih kepada segenap lulusan yang telah mempercayakan pendidikan mereka di PIP Semarang. PIP Semarang memenuhi janji untuk menyampaikan langsung Certificate of Competency (CoC), Certificate of Endorsement (CoE), dan Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan (STTPK), pada acara pelepasan para perwira siswa. Hal ini sebagai wujud komitmen PIP Semarang untuk memberikan pelayanan prima serta efisiensi dalam proses penyelesaian diklat bagi para lulusan.

Dalam laporan pendidikan yang dibacakan Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar, terdapat 135 Pasis lulusan Diklat Peningkatan Tingkat I, II, III, IV, dan V yang dinyatakan telah menyelesaikan diklat, baik dari Program Diklat Peningkatan Ahli Teknika maupun Ahli Nautika. Acara penutupan dan pelepasan turut dihadiri oleh segenap pimpinan PIP Semarang, dosen beserta staf pengajar, tamu undangan, dan keluarga dari para lulusan yang berbahagia.



Leave a Reply