Crash Program PIP Semarang Jalan Pintas Jadi Perwira Pelaut

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali membuka pendaftaran Calon Taruna (Catar) Program Diklat Pelaut Tingkat III (DP-III) Crash Program Tahun Akademik 2023/2024 untuk program studi Nautika dan Teknika. Program ditujukan bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK sederajat dengan usia maksimal 25 tahun.

Seleksi penerimaan dilaksanakan secara bertahap pada 1–5 Desember 2023, dengan peserta 37 orang. Pada hari pertama dilakukan seleksi kesehatan bertempat di Klinik Utama PIP Semarang meliputi pemeriksaan fisik termasuk gigi, pemeriksaan mata, pemeriksaan Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT), Audiometri, Elektrokardiogram (EKG), Rontgen, dan Laboratorium, dilanjutkan pada siang hari dengan tes wawancara bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) PIP Semarang. Pada hari kedua para peserta mengikuti seleksi psikotest di tempat yang sama, dilanjutkan dengan seleksi Kesamaptaan bertempat di Lapangan Sepak Bola Kampus PIP Semarang yang meliputi, lari selama 12 menit, push up, sit up, dan shuttle run. Rangkaian seleksi ditutup dengan Tes Potensi Akademik yang dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) bertempat di Gedung Laboratorium Bahari.

Program ini menawarkan pendidikan dengan waktu lebih singkat, hanya 2,5 tahun, dan nantinya setelah lulus peserta mendapatkan sertifikat kompetensi (CoC), ANT/ATT tingkat III.



Leave a Reply