Naiki KRI Banda Aceh, Taruna PIP Semarang Ikuti Pelantara XI dan Bakti Sosial STC 2023

Dalam rangka pembinaan dan pembentukan National Character Building generasi muda bangsa sebagai pemimpin di masa depan, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kirimkan empat taruna-taruni anggota pramuka didampingi Ketua Gugus Depan Putra, Fadli Diyatmiko, S.S.T.Pel., untuk ikut serta dalam Pelayaran Lingkar Nusantara XI (Pelantara XI) dan Bakti Sosial Sail Teluk Cendrawasih 2023 (STC-2023) .

Upacara Pelepasan Pelantara XI dan Bakti Sosial STC-2023 dipimpin secara langsung oleh Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Kementerian Investasi, Nurul Ichwan, di lapangan M. Silam, Markas Komando Lintas Laut  Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Kamis (09/11). Pelantara XI akan berlayar dengan KRI Banda Aceh-539 melalui rute Jakarta РMakassar РSorong РBiak dengan jarak tempuh 2.030 Nautical Mile (NM) dan waktu tempuh 11 hari.

Selama pelayaran, delegasi PIP Semarang bersama para peserta lainnya akan diberikan materi kebaharian yang terkait dengan Pramuka Saka Bahari dan melaksanakan latihan terpadu serta pengenalan kehidupan kapal perang dan tradisi Angkatan Laut. Dalam perjalanan mengarungi lautan, para taruna juga mengisi waktu dengan membuat pertunjukan pentas seni yang mengangkat pakaian dan tari tradisional dari beberapa daerah di Indonesia. Peserta Pelantara XI nantinya akan ikut memeriahkan STC-2023 di Kabupaten Biak Numfor, Papua, yang merupakan kegiatan bahari yang sangat komprehensif dengan mengenalkan potensi bahari, pariwisata dan sosial budaya.



Leave a Reply