Delegasi PIP Semarang Hadiri International Safety @Sea Week 2023 di Singapura

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Transportasi Laut, Kemeterian Perhubungan Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menghadiri program International Safety @Sea Week 2023 yang diselenggarakan oleh Maritime Port Authority (MPA) Singapura pada 23–26 Oktober 2023.

Kegiatan ini menjadi momentum yang penting untuk merayakan prestasi industri maritim dan memajukan kolaborasi global dalam menghadapi tantangan masa depan. Di hari pertama dan kedua, kegiatan dilaksanakan di grand ballroom Parkroyal at Beach Road Hotel. Hari pertama  pembahasan dengan topik Advancing Maritime Safety in a Green Age sebagai ajang mempromosikan sektor maritim yang lebih aman, berkelanjutan, dan berteknologi maju yang dapat berkembang sekaligus melindungi lautan dan ekosistem kita. Di hari kedua pembahasan dengan topik Operationalizing Methanol Bunkering yang merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengurangi jejak karbon industri pelayaran dengan beralih ke bahan bakar yang lebih bersih dan berkelanjutan. Dan diakhiri dengan pembahasan topik Building a Cyber Safe and Resilient Maritime Ecosystem While Enhancing Maritime Safety Through Technology yang bertujuan untuk  memastikan bahwa sektor maritim memanfaatkan kekuatan teknologi guna meningkatkan keselamatan dan efisiensi sekaligus melindungi diri dari ancaman dunia maya.

Hari ketiga kegiatan dilaksanakan di KBRI Singapura, disini kegiatan dikemas dalam bentuk ramah tamah yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Indonesia H.E. Budi Karya Sumadi bersama dengan Plt. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Dr. Capt. Antony Arif Priadi, M.Sc., Plt. Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc., Kepala KBRI Singapura H.E. Suryo Pratomo, Atase Perhubungan Capt. Diaz Saputra, perwakilal dari PIP Semarang Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M.,M.Mar., dan taruna dewasa PIP Semarang atas nama Fahmi Khusnul Wahyudi untuk berkumpul bersama para pelaut Indonesia yang ada di Singapura. Mereka berbagi pengalaman serta terobosan baru terkait keluhan para pelaut Indonesia.

Di hari terakhir kegiatan dilaksanakan di PSA Marine Academy, di sini para delegasi mendapat kesempatan untuk melihat sistematika perekrutan sebagai seorang pandu kapal di Singapura dengan didukung infrastruktur modern dan teknologi yang canggih.



Leave a Reply