PIP Semarang Ikuti Gobar Peringati Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional di Gunung Kidul

Peringatan Hari Menara Suar memasuki tahun ke sembilan pada 22 September 2023 puncak peringatan dipusatkan di Menara Suar Tanjung Baron Gunung Kidul Yogyakarta secara luring dan daring oleh 25 distrik navigasi di seluruh Indonesia pada Jumat (22/9). Sekaligus memperingati Hari Maritim Nasional 2023 jatuh pada 23 September 2023 dilaksanakan Gowes Bareng (Gobar), Kegiatan terpusat di Menara Suar Tanjung Baron pada Sabtu, 23 September 2023.

Kita ketahui bersama saat ini Indonesia memiliki 285 Menara Suar (Mercusuar) yang dikelola 25 Kantor Distrik Navigasi. Menara suar merupakan salah satu Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) penunjang keselamatan dan kelancaran lalu lintas pelayaran. Keradaan menara suar sangat vital bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, karena fungsi utamanya adalah menjaga keselamatan pelayaran. Hari Menara Suar ini juga diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat untuk mensosialisasikan keberadaan dan manfaat SBNP, meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah, mitra kerja, dan instansi terkait, serta memberi apresiasi dan mendorong semangat para Penjaga Menara Suar (PMS).

Tampak hadir meramaikan acara Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang Ibu Tutik Tri Cahyadi serta jajaran manajemen PIP Semarang. Gobar diikuti beberapa eleman yaitu Kementerian Perhubungan, Pertamina, PLN, dan Pemerintah Gunung Kidul. Rute yang dilalui berawal dari Pantai Kukup menuju Pantai Indrayanti, dan finish kembali di Pantai Kukup Gunung Kidul. Selamat Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional Tahun 2023.



Leave a Reply