P3M PIP Semarang Boyong Dosen Beri Penyuluhan Keselamatan dan Kesehatan Kerja TKBM Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk penyuluhan bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kegiatan bertujuan melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja dan menjamin setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien, hal ini khususnya bagi para TKBM di Pelabuhan Tanjung Emas yang berkesempatan menjadi peserta dengan jumlah seratus orang. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, pada Rabu, (20/9).

Acara dibuka secara resmi oleh Koordinator Bidang Administrasi Akademik, Arya Widiatmaja, S.Si.T., M.Si., didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Pritha Kurniasih, M.Sc., mewakili Direktur PIP Semarang, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini. Turut menyampaikan sambutan dalam pembukaan yaitu Capt. Ferry Akbar, M.M., sebagai Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, dan juga Joko Sasmito yang saat ini sebagai Deputi Branch Manager Operasi 2 PT. Pelindo.

Materi Keselamatan dan Kesehatan Keria (K3) disampaikan oleh narasumber Linda Rahayu Retno Indyarti, Deputy Branch Manager Pendukung Operasi PT. Pelindo, dilanjutkan oleh tim dosen dari PIP Semarang, antara lain Wahju Wibowo, S.Sos., dengan materi Kegiatan Bongkar Muat, Winarsih dan Kurniandri Ryan Putrianti menyampaikan materi Komunikasi di Tempat Kerja, dr. Aries Yulianti dengan materi Kesehatan di Tempat Kerja, Okvita Wahyuni, S.ST., M.M., menyampaikan materi Alat Pelindung Diri didampingi Capt.Dian Kurnianing Sari, S.ST., M.M. Kegiatan diakhiri oleh Janny Adriani Djari, S.ST., M.M., sebagai Ketua Kelompok Pengabdian kepada Masyarakat dibantu taruna dengan penyampaian informasi tentang PIP Semarang dan pembagian suvenir berupa jaket untuk seluruh peserta.



Leave a Reply