Peringati Harhubnas, PIP Semarang Bersama UDD PMI Kota Semarang Gelar Donor Darah

Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2023, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bersama Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan dilaksanakan di Jl. Mgr Sugiyopranoto No.31, Semarang, pada Jumat (15/09). Selain untuk memperingati Harhubnas, kegiatan donor darah adalah kegiatan yang aman dilakukan dan jarang menimbulkan efek samping serius.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., serta pegawai dan taruna. Untuk prosedur pendaftaran pendonor, saat ini UDD PMI Kota Semarang telah memberikan fasilitas secara online dengan cara mengunduh dan install aplikasi Ayo Donor dari App Store atau Google Play, hal ini untuk memudahkan proses pendaftaran. Kegiatan diikuti oleh 49 orang peserta terdiri dari 37 taruna, dan 12 pegawai.

Dalam kesempatan tersebut Direktur PIP Semarang menghimbau kepada pegawai dan taruna untuk melakukan rutin kegiatan donor ini, karena dengan menjadi pendonor berarti telah ikut menyelamatkan nyawa seseorang yang sedang memerlukan. “Manfaat yang dapat dirasakan oleh pendonor darah ditinjau dari segi kesehatan diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis serta bisa membantu mendeteksi penyakit serius yang ada dalam diri kita sejak dini,” ujar Tri di sela menyelesaikan pengambilan darahnya.



Leave a Reply