Kemenhub Selenggarakan FGD Mengenai Pendidikan Anti Korupsi di Lingkungan Sekolah Kedinasan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus meningkatkan pendidikan anti korupsi pada seluruh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan di lingkungan Kemenhub. Melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Kemenhub menyempurnakan kurikulum pendidikan antikorupsi dengan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) secara Virtual. Kegiatan yang bertema “Memperkuat Tameng Integritas Generasi Penerus Insan Transportasi Melaui Desain Baru Kurikulum Anti Korupsi” diikuti oleh seluruh Civitas Academica Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai mas Pardi pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, kejahatan korupsi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, karena sudah terjadi di hampir seluruh bidang lapisan sosial masyarakat. Penanggulangan tindak korupsi merupakan salah satu prioritas utama agar tingkat tindak kejahatan korupsi dapat ditekan, bahkan dihilangkan. “Saya berpesan kepada BPSDM Perhubungan agar dapat memasukkan Pendidikan Anti Korupsi ke dalam kurikulum Pendidikan Pelatihan bagi Taruna dan Pegawai,” pungkas Menhub. Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono, turut hadir mendampingi Menhub. Diwaktu yang sama Djoko menyebutkan tujuan dilaksanakan FGD ini adalah untuk membentuk pengetahuan dan pemahaman mengenai bentuk korupsi dan aspek-aspeknya, mengubah persepsi dan sikap terhadap korupsi, membentuk keterampilan dari cara menghadapi korupsi dan juga melawan korupsi. Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E. hadir mewakili Direktur PIP Semarang secara zoom bersama dengan Analis SDM Aparatur Ahli Muda, Melfin Sirait, S.E., M.M di Auditorium GSG Balai Mas Pardi.

Disela-sela kegiatan, dilaksanakan pemakaian slempang Duta Integritas Insan Perhubungan dan penyematan pin yang diwakilkan oleh dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) atas nama Eka Setia Budi, S.Tr.Pel., Indah Nurhidayati, M.Si., serta Taruna Fahmi Khusbul Wahyudi, dan Taruni Roro Anka Nurasti Ramadhani, yang mencerminkan 9 nilai integritas yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi bagi seluruh Pegawai dan Taruna Kementerian Perhubungan terkait dengan kampanye anti korupsi.



Leave a Reply