PIP Semarang Laksanakan Pelatihan Keselamatan dan Keamanan Transportasi Laut Bagi Pegawai yang Bertugas Pada Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan

Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) merupakan unit kerja di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mempunyai tugas menyelenggarakan analisis dan pemberian rekomendasi kebijakan di bidang transportasi. Baketrans menjalin kerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Divisi Pengembangan Usaha (DPU) PIP Semarang untuk melaksanakan pelatihan keselamatan dan keamanan tranportasi laut. Kegiatan diikuti oleh pegawai yang bertugas sebagai analis kebijakan keselamatan dan keamanan transportasi Baketrans, bertempat di Function Room Meeting, Hotel Louis Kienne Pemuda, pada Selasa-Jumat, 1–4 Agustus 2023.

Kegiatan dibuka oleh Dr. Capt. Ilham Ashari, MM., M.Mar., sebagai Kepala Bagian Administrasi Akademik dan ketarunaan  mewakili Direktur PIP Semarang didampingi oleh Kepala Divisi Pengembangan Usaha Ery Prasetiati, S.Psi. Dalam sambutannya, Ilham menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Baketrans Kemenhub kepada PIP semarang sebagai pelaksana kegiatan pelatihan dan berharap peserta akan mendapatkan tambahan pengalaman dan wawasan terkait regulasi keselamatan internasional yang disebut 4 pilar regulasi IMO, yakni peraturan STCW 1978 as manademen, Solas 74, Marine Pollution 73/78, dan Maritime Labour Convention 2006, materi lain juga tentang pengenalan regulasi ISM Code, IMDg Code, ISPS Code, tentunya difasilitasi dengan tenaga pengajar yang handal dan profesional dari PIP Semarang serta pengajar expert bidang pelayaran, antara lain Capt. Hadi Supriyono, M.M., M.Mar., Capt. Eko Murdiyanto, M.M., M.Mar., Capt. Karolus Geleuk Sengadji, M.M., M.H.

Pada kesempatan ini pula, Ilham berharap para peserta dapat berinteraksi dan mengikuti kegiatan ini dgn baik dan mendapatkan tambahan wawasan sebagai pijakan untuk melaksanakan tugas pada instansi Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan. Sebelum pelatihan dimulai peserta diajak bermain Quiz Kahoot dan diberikan aturan dalam mengikuti pelatihan yang disampaikan oleh Ery Prasetiati, S.Psi.



Leave a Reply