PIP Semarang dan Stimaryo Kolaborasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Memenuhi kebutuhan profesi forwarder yang terampil pada industri kepelabuhanan khususnya logistik, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertempat di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (Stimaryo) yang beralamat di Jl. Magelang KM. 4.4 Kutu Dukuh, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman pada Senin-Rabu, 24–26 Juli 2023.

Mewakili Direktur PIP Semarang, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), Pritha Kurniasih, M.Sc., membuka secara resmi kegiatan yang bertema “Sosialisasi Freight Forwarding dan Uji Kompetensi Bagi Taruna-Taruni Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta dan Pelaku Logistik”. Ketua Stimaryo juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan dan uji kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai syarat lulus dengan sertifikat pendamping ijazah, serta berguna untuk peningkatan karier bagi pelaku logistik.

Adapun materi dalam sosialisasi yang disampaikan oleh narasumber, antara lain Manajemen Operasi Perusahaan Freight Forwarder, Costums Procedure and Port Procedure, Scope Freight Forwarding and Multimoda, dan Incoterms 2020 Packaging and Dangerous Cargo.

Selanjutnya LSP P1 PIP Semarang juga melaksanakan kegiatan pengayaan dan peningkatan kompetensi industri dengan skema kompetensi freight forwarding dan kepelabuhanan yang diikiuti oleh Taruna Taruni Stimaryo dan masyarakat umum pelaku logistik.



Leave a Reply