PIP Semarang Selenggarakan DPM Angkatan V Tahun 2023

Dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumberdaya manusia berdasarkan Instruksi Presiden No. 9 Th 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Senin, 24 Juli 2023, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi, membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) dan Security Awareness Training (SAT), angkatan V periode 25 Juli–3 Agustus 2023, serta Kuliah Umum untuk taruna PIP Semarang Angkatan 59.

Acara diawali laporan kegiatan yang dibacakan oleh Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar. Dalam laporannya, Direktur menyampaikan bahwa kegiatan DPM di PIP Semarang merupakan program pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang membutuhkan, baik dari sisi kebutuhan akan keterampilan atau dalam rangka meningkatkan keselamatan dan pelayaran transportasi laut di Indonesia. Acara dilanjutkan Kuliah Umum oleh Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Sudewo, S.T., M.T., sekaligus membuka pelaksanaan DPM dengan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan yang hadir. Sudewo berpesan kepada peserta agar dapat mengikuti secara baik, sungguh-sungguh, dan disiplin saat melaksanakan diklat. “Jangan lupa untuk kuasai ilmu dan kuasai keterampilannya, karena hal itu akan sangat membantu kedepannya saat kalian bekerja.” pungkas Sudewo.

Tampak hadir Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., Koordinator/Ketua Tim substansi bidang Administrasi Akademik pada Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Arya Widiatmaja, S.Si.T., M.Si., Koordinator/Ketua Tim substansi bidang Administrasi Ketarunaan dan Alumni pada Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., serta guru pendamping Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri.

Kegiatan DPM BST dan SAT angkatan V, masing-masing diikuti oleh 240 peserta dari 6 SMK Negeri di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya SMK N 4 Pati, SMK N 1 Tanjungsari, SMK N 1 Bulakamba, SMK N 1 Purworejo, SMK N 2 Cilacap, dan SMK N 1 Giritontro.



Leave a Reply