Calon Taruna Pola Pembibitan PIP Semarang Ikuti SKD di Titik Lokasi UPT BKN Semarang

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi calon taruna-taruni jalur Pola Pembibitan (Polbit) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Program Diploma IV Tahun Akademik 2023-2024 dilaksanakan di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Semarang di jalan Soekarno Hatta KM. 29, Bergas, Kabupaten Semarang. Pelaksanaan tes SKD terjadwal delapan hari yaitu tanggal 7-14 Juni 2023, dengan pembagian empat sesi untuk setiap harinya diikuti sebanyak 3.365 orang peserta.

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., didampingi Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., M.Mar., menyempatkan hadir untuk melihat secara langsung dan memastikan kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Dalam kunjungannya Direktur diberikan kesempatan untuk menyampaikan arahan kepada peserta. “Kerjakan yang mudah terlebih dahulu dan lakukan evaluasi pada tiap jawaban, dan paling penting sebelum mengerjakan ujian jangan lupa berdoa,” ucap Tri.

Perwakilan dari Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL) yang diwakili oleh Capt. Erwin Ferry Manurung, M.M.TR., dan Rizki Nurul Arsy, S.E., hadir untuk melakukan monitoring kelancaran pelaksanaan kegiatan tes SKD, didampingi oleh Pembantu Direktur II PIP Semarang, Drs. Suharto, M.T., dan Koordinator Bidang Seleksi SKD Arya Widiatmaja, S.Si.T., M.Si.

Meski telah dilakukan pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah, namun pelaksaan SKD masih harus menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker selama pelaksanaan ujian dan mencuci tangan. Setelah melakukan registrasi, peserta diarahkan di area ruang tunggu untuk mendapatkan pengarahan, menitipkan barang, mendapatkan pin, melaksanakan body checking, dan menunggu di ruang steril untuk mendapatkan informasi Nilai Ambang Batas, kemudian  melaksanakan SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yang prosesnya dapat dilihat langsung (live scoring) pada kanal YouTube Official CAT BKN.



Leave a Reply