Direktur PIP Semarang Ajak Gotong Royong Menjaga Nilai-Nilai Pancasila Bidang Pendidikan

Sejak ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional yang tertuang pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, seluruh instansi akan memperingatinya dalam bentuk upacara bendera. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Kamis (1/6) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bertempat di Plaza Bintang Kampus PIP Semarang.

Menurut sejarah pertama kali kata Pancasila disebut oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Hal ini yang menjadi dasar seluruh komponen bangsa baik pemerintah maupun masyarakat dapat memperingati Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni.

Upacara dipimpin oleh Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., dan diikuti seluruh civitas academica PIP Semarang. Setelah membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, pembina upacara juga mengajak seluruh peserta untuk memperkokoh nilai sila Pancasila pada saat menjalankan tugas sehari-hari. “Ada banyak cara menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata seperti toleransi antar rekan kerja, menjaga adab, serta berlaku adil,” ucap Tri.

Dalam kesempatan yang sama pembina upacara juga kembali mengajak seluruh civitas academica untuk bergotong-royong meningkatkan pelayanan, khususnya bagi para taruna-taruni, karena PIP Semarang merupakan lini terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila khususnya di bidang pendidikan.

Selamat Hari Lahir Pancasila 2023

“Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”



Leave a Reply