2023 PIP Semarang Target Raih Akreditasi Unggul

Akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang gelar kuliah umum dengan tema “Strategi Pencapaian Akreditasi Unggul Perguruan Tinggi Vokasi“, yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Mei 2023, di Auditorium Balai Mas Pardi Kampus PIP Semarang.

Acara dibuka oleh Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar. Dalam sambutannya Direktur menyampaikan informasi terkait syarat untuk mendapatkan predikat akreditasi unggul. “Adanya perolehan status akreditasi program studi, terjadinya efektivitas pelaksanaan, dan jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir menjadi syarat yang harus dipenuhi. Dengan kerja keras kita bersama hal tersebut pasti dapat kita raih,” ungkap Tri.

Narasumber dihadirkan pada acara ini yaitu Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., yang saat ini sebagai Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT. Dalam presentasinya Ari menyampaikan beberapa persiapan dan strategi yang harus dilakukan untuk pengajuan akreditasi, salah satunya mendapatkan skor lebih dari 361 serta memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul.

Perguruan tinggi yang ingin mendapatkan akreditasi Unggul harus mengisi formulir Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang diusulkan oleh Dewan Eksekutif (DE), BAN-PT, dan ditetapkan oleh Majelis Akreditasi (MA) BAN-PT yang khusus digunakan untuk konversi peringkat dari sistem peringkat A, B, dan C ke sistem peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik.



Leave a Reply