Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, PIP Semarang Luncurkan Aplikasi Sipeta

Salah satu upaya meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, melalui Unit Teknologi dan Informatika melakukan inovasi pada area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik melalui terobosan layanan teknologi informasi guna mendukung peningkatan fasilitas dan kualitas sistem informasi.

Peluncuran dan sosialisasi Sistem Informasi Pembinaan Taruna-Taruni (SIPETA), digelar pada Kamis, 25 Mei 2023, bertempat di Auditorium Balai Mas Pardi Gedung Serba Guna. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pembinaan Mental, Moral dan Kesamaptaan (Kapus PMMK), Dr. Capt. Samsul Huda, M.M., M.Mar., dan diikuti oleh taruna-taruni dari batalyon I, II, dan III. Dalam sambutannya Samsul menyampaikan apresiasi dan harapan besar pada aplikasi yang dikembangkan sebagai upaya untuk melakukan pembinaan, pemantauan, dan monitoring aktivitas taruna-taruni selama melaksanakan pendidikan di PIP Semarang.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan secara rinci oleh Kepala Unit Teknologi dan Informatika PIP Semarang, Arya Widiatmaja, S.Si.T., M.Si., terkait fitur yang ada pada aplikasi SIPETA, antara lain: Bio Data, Point Positif, Point Negatif, Riwayat Kesehatan, Orseni, Presensi Apel, Psikologi, Pesan, Laporan Kerusakan, Kartu Harian Siswa, Riwayat Kesehatan, Riwayat Pinjaman, Riwayat Denda, dan Pengumuman. “Pada aplikasi ini rekam jejak aktivitas para taruna dari awal masuk hingga wisuda dapat diakses oleh pembina, orang tua, atau taruna itu sendiri. Selain itu taruna dapat mengajukan poin positif dengan melakukan pengisian mandiri. Adapun poin positif yang dimaksud merupakan sebuah prestasi yang dimiliki taruna-taruni yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam,” pungkas Arya.



Leave a Reply