Tim PPPM PIP Semarang Ajak Pengelola Wisata Waduk Cacaban Peduli Lingkungan dan Terampil Merawat Mesin Kapal

Masalah lingkungan pada hakikatnya menjadi tanggung jawab semua orang. Untuk itu, membina wawasan dan kepedulian terhadap lingkungan khususnya lingkungan laut sebagai tempat bekerja bagi para nelayan dan para pedagang di sekitarnya. Kepedulian terhadap lingkungan merupakan sikap yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para nelayan. Dengan tujuan ini Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) menggelar kegiatan Sosialisasi Keselamatan dan Kepedulian Lingkungan Serta Keterampilan Perawatan Permesinan Kapal Wisata Waduk Cacaban, bertempat di gedung Aula Kedung Tipisan di wilayah Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal, pada 8–10 Mei 2023.

Pembantu Direktur III PIP Semarang, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., hadir membuka acara, didampingi Sekertaris Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal. Dalam sambutannya Anugrah mengingatkan terkait pentingnya setiap pegiat kapal wisata di Waduk Cacaban memahami teknik keselamatan yang benar sehingga dapat meminimalisasi kemungkinan jatuhnya korban jika terjadi kecelakaan. Turut hadir dalam sesi pembukaan, Kabid Angkutan dan Teknik Sarana, Suwondo S.IP., perwakilan dari Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Daerah Tujuan Wisata, Muhidin dan Kepala PPPM PIP Semarang, Pritha Kurniasih, M.Sc.

Materi sosialisasi yang pertama disampaikan oleh dr. Iksiroh El Husna, M.Kes., bersama Dr. Andi Prasetiawan, S.Si.T., M.M., dengan judul Keselamatan Serta Kesehatan Lingkungan. Materi kedua disampaikan oleh Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom., M.Si. dibantu dua orang Taruna PIP Semarang, Gigih Ditya Nugroho dan Febri Supyan. Pemateri menyampaikan jenis-jenis mesin serta teknik-teknik perawatannya. ”Perawatan mesin kapal yang tepat sesuai jenis mesinnya akan berdampak pada usia pakai mesin tersebut,” ujar Sapta. Materi ketiga dilanjutkan dengan praktik mengenai penggunaan jaket pelampung yang disampaikan oleh Dr. Darul Prayogo, M.Pd., bersama Janny Adriani Djari, S.ST., M.M.

Pada akhir kegiatan, Ery Prasetiati, S.Psi. memberikan sosialisasi mengenai program layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh PIP Semarang. Kegiatan sosialisasi berakhir dengan sesi tanya jawab, dan melakukan pengambilan foto bersama. Sebelum pulang dilakukan pembagian cendera mata oleh PIP Semarang berupa dua buah megafon bagi pengelola wisata Waduk Cacaban dan jaket pelampung bagi setiap peserta yang harapannya dapat memberikan manfaat saat melakukan aktivitas bekerja.



Leave a Reply