Bidik Akreditasi Internasional PIP Semarang Gelar Simulasi Site Visit

Akreditasi Internasional merupakan salah satu kegiatan strategis tahun 2023 yang harus diselesaikan. Salah satu bagian terpenting dalam proses akreditasi internasional adalah site visit. Kegiatan ini adalah penilaian yang dilakukan oleh Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS), merupakan lembaga independen untuk penjaminan kualitas suatu program studi yang berbasis di Jerman. Salah satu manfaat dari akreditasi internasional ini selain menjamin meningkatkan branding juga sangat penting terutama untuk menarik minat calon mahasiswa baru. PIP Semarang merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan yang mengikuti akreditasi internasional. Hal ini sebagai tantangan tersendiri bagi seluruh civitas academica PIP Semarang dalam menyukseskan kegiatan yang dilaksanakan pada Senin-Kamis, 3–6 April 2023, bertempat di Ruang Rapat Gedung Serba Guna PIP Semarang.

Sesuai dengan Self Evaluation Report (SER) yang telah dikirim kepada AQAS, ada beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, antara lain manajemen, unsur program studi, para perwakilan dosen, alumni, taruna, dan mitra. Kegiatan dibuka oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar. Dalam sambutannya Direktur menyampaikan optimisme akreditasi internasional dapat mencapai target tahun ini. “Kegiatan ini sebagai tolak ukur kesiapan kita dalam menyambut tim penilai dari AQAS pada bulan Juni nanti, saya minta seluruh personil yang terlibat tidak main-main dalam melaksanakan simulasi yang akan dipandu oleh narasumber,” ujar Tri dalam sambutannya.

Narasumber Ani Wilujeng Suryani, Ph.D., merupakan Kepala Unit Penjaminan Mutu dan juga dosen di Universitas Negeri Malang yang memandu kegiatan selama empat hari dengan pembagian sesi yang telah ditentukan. Pada akhir kegiatan dilakukan review kegiatan dari narasumber sebagai dasar untuk disempurnakan pada kegiatan simulasi selanjutnya. “Akreditasi internasional ini memang penting, namun menjaga kualitas dan informasi yang transparan adalah hal yang lebih penting. Dari catatan saya secara keseluruhan yang perlu ditingkatkan adalah penguasaan tentang materi pada SER yang telah disampaikan ke AQAS,” kata Ani.



Leave a Reply