Sembilan SMK Ikuti Program DPM di PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training (BST) Kapal Niaga dan Security Awareness Training (SAT) Angkatan IV Periode 28 Maret – 6 April 2023. Dasar dilaksanakan kegiatan tersebut salah satunya merujuk pada Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Nomor: PK.03/BPSDMP-2018, tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat.

Acara dibuka secara resmi di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi, pada Selasa (28/3) oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., M.Mar., mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya Ilham menyampaikan kegiatan ini adalah program prioritas nasional, dimana seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah. Jadi peserta diharapkan dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Persiapkan diri kalian, langkah awal sudah kalian tempuh, persyaratan awal untuk bekerja di atas kapal sudah anda raih dengan sertifikat BST dan SAT. Berlayar di atas kapal manapun dan berlayar kemanapun dapat menggunakan sertifikat hasil pendidikan di PIP Semarang.” pungkas Ilham.

Tujuan dilaksanakan DPM yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan dan keamanan transportasi khususnya transportasi laut, memberikan sertifikat yang berlaku internasional kepada masyarakat kurang mampu agar mendapat kesempatan bekerja di dunia tranportasi laut baik nasional maupun internasional. Kegiatan diikuti sembilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Jawa Tengah, antara lain SMK Perikanan Irma Pekalongan, SMK Pelayaran Semarang, SMK N 1 Temon, SMK N 4 Purworejo, SMK Pelayaran Pancasila Kartosuro, SMK SUPM Al Maarif Tegal, SMK N 4 Pati, SMK Negeri Rembang, dan SMK N 1 Jepara. Dengan jumlah total peserta 240 siswa.



Leave a Reply