BPSDMP Sosialisasikan Pemberkasan CASN Pola Pembibitan di PIP Semarang

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melakukan Pendataan dan Penyiapan Pemberkasan Taruna Pola Pembibitan (Polbit) Lulusan Tahun 2023 di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Nomor: KP.101/1/2 PHB 2023 s.d. 2027 dan Tahun Masuk 2023 dari Lulusan Pola Pembibitan untuk Kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian perhubungan (Kemenhub). Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi pada Jumat (24/3), diikuti 143 peserta yang terdiri dari 19 Wisudawan, 30 taruna-taruni semester 7, dan 94 taruna-taruni semester 8.

Acara dibuka oleh Direktur PIP Semarang, Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., dalam sambutannya Tri menyampaikan kepada wisudawan dan taruna-taruni untuk mengikuti dan memperhatikan persyaratan-persyaratan yang harus disiapkan dalam pemberkasan. “Ini adalah awal dimana pemberkasan secara administrasi dimulai, tolong ini dilaksanakan secara teliti, jangan sampai ada data yang tidak sesuai yang dapat menimbulkan masalah.” pungkas Tri. Turut hadir mendampingi Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Heri Sularno, M.H., M.Mar.E, dan Analis SDM Aparatur Ahli Muda merangkap Koordinator Bidang Umum Melfin Sirait, S.E., M.M. Adapun tim Sekretariat BPSDM Perhubungan yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Analis Kepegawaian Ahli Muda, Erna Sri Haryanti, Analis Kepegawaian Ahli Pertama, Endah Sandi Astuty, dan Pengelola Database Kepegawaian, Tanto Adi Waluyo yang ditunjuk sebagai pembicara untuk menyampaikan paparan.

Adapun pemberkasan calon ASN Polbit yang wajib disiapkan: Foto dengan latar belakang warna merah, Daftar Riwayat Hidup (DRH), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Ijazah Pendidikan, Transkrip Akademik, Surat Pernyataan, Surat Keterangan Kesehatan, dan Surat Keterangan Bebas Narkoba. Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan dalam menyiapkan dokumen oleh peserta antara lain: pengejaan nama lengkap pada semua dokumen harus sesuai dengan ijazah terakhir (SMA)/Akte/KTP, memastikan tanggal lahir dan tempat lahir seragam pada semua dokumen, nama prodi yang tertera pada ijazah harus sesuai dengan terbitan akreditasi terakhir/Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan semua nomor pada dokumen harus sama dengan yang ditulis pada DRH. Dalam paparan materi diselingi tanya jawab untuk peserta yang belum paham mengenai materi yang disampaikan.



Leave a Reply