PIP Semarang Hadirkan Pengajar di Pelabuhan Juwana Kabupaten Pati

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Juwana, pada Selasa (21/3).

Acara dibuka oleh Kepala PPPM PIP Semarang Pritha Kurniasih, M.Sc., mewakili Direktur PIP Semarang. Hadir Plh. Kepala Kantor UPP Kelas III Sugihartono, S.Tr., S.Pel., M.Si. Dalam sambutannya, Sugihartono menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada PIP Semarang melalui P3M atas kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para peserta. “Selamat datang kepada tim, kami menyambut baik dan berharap nantinya peserta tidak hanya duduk namun juga dapat menerima materi yang akan disampaikan oleh para narasumber agar nantinya dapat diterapkan dalam rutinitas kerja,” ungkap Sugihartono.

Kegiatan ini mengusung tema “Sosialisasi Pengembangan Bahan Baku Kapal dan Perlindungan Lingkungan Maritim di Pelabuhan Juwana Kabupaten Pati”. Tercatat 100 orang peserta yang terdiri dari pekerja galangan kapal, pengusaha kapal ikan, dan masyarakat nelayan. Materi kegiatan yang disampaikan oleh narasumber diantaranya Upaya Perlindungan Terhadap Limbah pada Dok Kapal di Juwana, Pengembangan dan Inovasi Bahan Baku Kapal, dan penyampaian informasi terkait Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM), serta Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Tahun Akademik 2023/2024.

Peserta sangat antusias menyimak penyampaian materi dari narasumber dan terjalin komunikasi antar keduanya saat sesi tanya jawab. Panitia juga memberikan suvenir kepada para peserta yang telah hadir berupa lampu darurat dan perlengkapan pendukung lainnya.



Leave a Reply