158 Taruna Akhiri Rangkaian Kegiatan Study Onboard di KM Lawit

Dalam rangka memberikan kesempatan belajar diluar kampus dan memberikan pengalaman literasi berkarya kepada taruna dan taruni, maka Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan program inovasi pembelajaran tematik dalam bentuk kegiatan Study Onboard, yaitu program belajar sekaligus berlatih melalui pengamatan dan bimbingan secara langsung di atas kapal niaga. Kegiatan study onboard merupakan kegiatan di luar kampus yang bertujuan untuk Memberikan pengalaman (experiential learning), Mendapatkan keterampilan (hard skills), Pemecahan masalah yang komplek (complex problem solving), Keterampilan analisis (analytical skills), dan Keterampilan etika komunikasi lingkungan kerja (behavior communication).

Kegiatan dibuka secara resmi di ruang salon perwira sesaat setelah kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya Agus menyampaikan terima kasih kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) (Persero) yang telah bersedia menerima taruna-taruni PIP Semarang dalam melaksanakan kegatan Study Onboard di KM Lawit. “Semoga apa yang dipelajari dalam kegiatan di atas kapal tiga hari kedepan, dapat sebagai bekal mereka sebelum melaksanakan Praktik Laut.” pungkas Agus. Hadir pula dalam pembukaan Capt. Jahrodin beserta kru kapal, Kepala PT PELNI (Persero) Cabang Semarang, pendamping dari PIP Semarang, dan perwakilan taruna-taruni.

Kegiatan dilaksanakan sepenuhnya di atas Kapal Motor (KM) Lawit selama tiga hari, Jumat-Minggu (17–19 Maret 2023), diikuti 158 taruna-taruni semester III yang terdiri dari 47 taruna prodi Nautika, 45 prodi Teknika, dan 66 prodi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK). Adapun materi yang dipelajari taruna-taruni selama di kapal, antara lain Proses keberangkatan dan kedatangan kapal di dermaga, Kegiatan jadwal jaga, Administrasi dokumen, Pengenalan dan penjelasan fungsi masing-masing mesin kapal, Pengoperasian pintu darurat, Perbaikan kapal, Penurunan sekoci, dan Aktifitas di dalam anjungan. Sebagai penutup rangkaian kegiatan study onboard, sebelum kapal bertolak dari Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa, dilaksanakan sesi foto bersama oleh seluruh kru kapal, pendamping, dan seluruh taruna-taruni.



Leave a Reply