Pimpin Upacara Wisuda Ke-96 Program Diploma IV, Kepala BPSDMP: Menjadi Pelaut Adalah Pilihan Bijak

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc.(Eng)., memimpin upacara Wisuda Program Diploma IV Pembentukan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Tahun 2023. Upacara wisuda diselenggarakan di Plaza Bintang Kampus PIP Semarang, pada Rabu (15/3). Pagelaran wisuda kali ini mengambil tema “Melangkah Maju Membangun Generasi Maritim Yang Unggul dan Berprestasi”, tema ini dipilih untuk memberikan semangat kepada para wisudawan agar berlomba menjadi lulusan yang mempunyai kompetensi unggul khususnya di bidang maritim demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dalam laporan pendidikan yang dibacakan oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.H., M.Mar., menyampaikan sejumlah 161 wisudawan dinyatakan telah menyelesaikan studi dan lulus serta berhak memperoleh Ijazah Diploma IV dengan gelar Sarjana Sains Terapan Pelayaran (S.S.T. Pel). “Jumlah lulusan sampai saat ini total keseluruhan sebanyak 12.713 orang, yang terdiri dari Program Studi Nautika sebanyak 5.855 orang, Program Studi Teknika sebanyak 5.445 orang, serta Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) sebanyak 1.413 orang.” ucap Capt. Tri Cahyadi di akhir laporan.

Kepala BPSDMP dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan orang tua atas kelulusan yang telah diraih, serta memberikan pembenaran bahwa menentukan pilihan pada profesi sebagai pelaut dengan menempuh pendidikan di PIP Semarang merupakan hal yang bijak. “Saat ini transportasi laut masih dianggap menjadi pilihan moda yang paling ekonomis untuk kegiatan ekspor impor. Saudara sebagai pelaut menjadi bagian penting yang akan mengambil peran dalam kegiatan ini. Harapannya pada saat Indonesia Emas 2045 nanti, Indonesia telah sejajar dengan negara adidaya dari segi maritim,” ujar Djoko mengakhiri sambutannya.

Pada deret tamu undangan tampak hadir Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Ketua Sekolah Tinggi, Direktur Politeknik dan Kepala Balai di Lingkungan BPSDMP, Pimpinan Stakeholder BUMN dan Perusahaan Pelayaran, Dewan Pengawas PIP Semarang, Ketua dan Anggota Senat PIP Semarang, Dharma Wanita Persatuan PIP Semarang, Dosen dan Instruktur, serta para keluarga wisudawan.



Leave a Reply