Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dosen PIP Semarang Duduk Bersama Susun RPS Berkualitas

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam rangka mempersiapkan kegiatan pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang selenggarakan Bintek Penyusunan RPS Program Studi Nautika, Teknika, dan Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK). Kegiatan dilaksanakan  di ruang Puri Lobby Hotel Ciputra Semarang, pada Rabu-Sabtu (8-11 Maret 2023).

Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., mewakili Direktur PIP Semarang, didampingi Ketua Program Studi Nautika, Yustina Sapan, S. ST., M.M., Ketua Program Studi Teknika, Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E., Ketua Program Studi TALK Dr. Nur Rohmah, S.E., M.M., dan seluruh dosen PIP Semarang serta panitia.

Hadir dua narasumber yaitu Alif Subardono, S.T., M.Eng., yang saat ini sebagai Manajer Unit Penjaminan Mutu Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Alif hadir secara tatap muka dan menyampaikan materi yang mengulas tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). “Dengan terpenuhinya CPL maka lulusan akan mencapai profil yang diharapkan,“ ucapnya. Narasumber kedua Semuel Palembangan, M.Mar., Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL), menyampaikan materinya secara daring terkait kerangka yang telah disepakati untuk menjadi acuan dalam penyusunan RPS. Di akhir acara disampaikan secara simbolis hasil penyusunan RPS dari masing-masing dosen melalui program studi dan selanjutnya disampaikan kepada Kepala Administrasi Akademik dan Ketarunaan yang berkesempatan menutup kegiatan



Leave a Reply