Penelusuran 2253 Data Alumni PIP Semarang Melalui TRASTmi

Setelah diluncurkan pada tahun 2021 Aplikasi Tracer Study Alumni (TRASTmi) telah berhasil menelusuri 2253 data alumni. TRASTmi merupakan sebuah aplikasi yang mampu menyajikan berbagai informasi mendalam dan terperinci mengenai relevansi dunia kerja seiring perkembangan teknologi. Kegiatan dilaksanakan di Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan IImu Pelayaran (BP3IP), Jl. Danau Sunter Utara Blok G, Jakarta Utara, pada Senin-Kamis, 6–9 Maret 2023.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., mewakili Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyampaikan apresiasi kepada seluruh undangan yang hadir. Peran alumni sangat diharapkan bagi keberlanjutan TRASTmi dan juga kemajuan PIP Semarang. Dalam kesempatan ini diharapkan para alumni dapat berbagi informasi terbaru kepada taruna yang dapat disampaikan melalui kuliah umum atau ceramah motivasi guna memberikan gambaran dunia kerja pelayaran, baik di kapal atapun pelabuhan.  “Aplikasi TRASTmi ini memiliki kelebihan dan kemudahan yaitu dapat diakses dengan mudah menggunakan telepon genggam. Kemudahan ini diharapkan dapat menggugah partisipasi alumni,” ucap Ilham pada sambutannya.

Manfaat dan tujuan dari aplikasi Tracer Study Alumni “TRASTmi” ini merupakan penyedia data secara akurat mengenai situasi hubungan perguruan tinggi dengan dunia kerja serta sistem pengembangan pusat karir. Hadir Ketua DPP Korps Alumni Pendidikan Perwira Pelayaran Besar (KA P3B) Semarang yang diwakili oleh Letkol Laut (P) Jaka Lelana, S.Si.T., M.M., dalam sambutannya Jaka menyampaikan sangat menyambut baik adanya aplikasi TRASTmi ini. Hadirnya TRASTmi diharapkan dapat merekam jejak alumni dengan lebih akurat, sehingga ada koordinasi yang baik antara alumni dengan pihak sekolah dan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan industri. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama.



Leave a Reply